Penyebab Penderita Diabetes Wajib Makan Telur Dan Ikan

Diabetes melitus adalah penyakit kronis atau menahun yang ditandai dengan naiknya kadar gula darah diatas normal. Sebagai sumber energi utama, keberadaan glukosa sangat penting bagi tubuh. Sayangnya, kenaikan kadar gula darah yang tidak terkontrol pada penderita diabetes justru dapat berakibat buruk bagi tubuh.

Baca juga: Waspadai 5 Dampak Diabetes Bagi Tubuh Anda!

Pajak Games

Secara umum, diabetes melitus dibagi menjadi dua yaitu diabetes melitus tipe 1 atau diabetes tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2 atau diabetes tipe 2. Perbedaan keduanya berdasarkan pada awal mula penyebab diabetesnya. Diabetes tipe 1 terjadi karena gangguan pada pabrik insulin atau pankreas sehingga insulin yang dihasilkan tidak memadai. Diabetes tipe 1 biasanya diderita oleh mereka yang berusia muda.

Loading...

Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi karena gangguan reseptor insulin sehingga insulin yang diproduksi oleh pankreas tidak dapat berfungsi secara optimal daam memanfaatkan glukosa yang ada di dalam darah. Sebagaimana diketahui, insulin memiliki peranan penting dalam transportasi glukosa dari luar sel masuk ke dalam sel untuk dimanfaatkan sel sebagai sumber energi.

Salah satu masalah yang paling ditakuti dari penyakit diabetes adalah komplikasi yang bisa terjadi akibat dari tidak terkontrolnya gula darah. Komplikasi diabetes bisa berupa gangguan pada pembuluh darah, saraf dan hormonal. Gangguan pada pembuluh darah misalnya terjadinya atherosklerosis dengan berbagai dampak yang bisa terjadi pada berbagai organ tubuh. Gangguan saraf bisa menyebabkan terjadinya neuropathy diabetes, sedangkan gangguan hormonal dapat menyebabkan terjadinya gangguan metabolisme.

Kembali ke judul tulisan ini, mengapa penderita diabetes wajib makan telur dan ikan?

Menurut jurnal Endocrine, salah satu masalah yang dihadapi oleh penderita diabetes adalah kekurangan vitamin A. Menurut para ahli, vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat penting agar sel beta pankreas dapat berfungsi secara optimal. Sel beta adalah sel pada pankreas yang memproduksi insulin. Hormon insulin berperanan penting dalam mengatur kadar gula darah.

Telur dan ikan adalah makanan yang kaya dengan vitamin A. Bila tidak suka telur dan ikan, sumber vitamin A bisa didapatkan dari sayuran yang berdaun hijau gelap, wortel, jeruk dan sayuran yang daunnya berwarna kuning. Sayangnya, pada penderita diabetes melitus, proses pembentukan vitamin A dari buah dan sayuran mengalami gangguan sehingga sumber vitamin A terbaik tetap berasal dari ikan dan telur.

Baca juga: Hobi Makan Gula Menyebabkan Diabetes. Benarkah?

Khusus untuk ikan, selain mengandung vitamin A, ikan juga kaya dengan vitamin D. Menurut para ahli, kekurangan vitamin D merupakan salah satu faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Nah, bagi kamu yang tidak ingin menderita diabetes melitus atau yang sedang menderita diabetes, tidak ada salahnya untuk lebih banyak mengonsumsi ikan dan telur.

Tulis Komentar

loading...