Ini Bahayanya Jika Kamu Sering Menahan Bersin

Apakah kamu pernah bersin? Bagaimana rasanya setelah bersin? Lega? Yap, setiap orang pasti pernah bersin karena bersin merupakan salah satu mekanisme alami tubuh yang bertujuan untuk membuang partikel partikel penyebab iritasi pada saluran pernafasan. Apa yang terjadi jika kita sering menahan bersin?

Baca juga: Ini Dia Gejala Alergi Binatang

Sebelum membahas lebih jauh tentang bahaya menahan bersin, ada baiknya kita belajar dulu tentang bersin. Saat partikel partikel kecil seperti debu, asap, serbuk bunga dan lain lain masuk ke dalam hidung, rambut rambut halus yang ada pada rongga hidung mengirimkan sinyal ke otak agar partikel partikel tersebut dibuang keluar. Mendapat sinyal seperti itu, otak memerintahkan tubuh agar siap siap bersin dan pada saat yang pas, maka tubuh akan bersin. Saat bersin, pada umumnya mata akan dipaksa menutup, lidah bergerak ke atap mulut dan otot otot di sekitar wajah akan berkonstraksi.

Alergi dan penyakit adalah dua hal yang paling sering menyebabkan kita bersin, disamping partikel partikel kecil yang mengiritasi hidung saat kita bernafas. Menurut para ahli, ada beberapa hal lain yang bisa mencetuskan bersin seperti mencabut alis dan rambut hidung, olahraga, hubungan seksual dan lain lain. Menurut data dari National Institutes of Health, 18 sampai 35 persen orang akan bersin saat melihat cahaya yang sangat terang.

Respon hidung seseorang terhadap sesuatu yang mencetuskan bersin memang berbeda beda. Bersin sendiri pada umumnya bukan merupakan tanda suatu penyakit yang berbahaya. Namun, menahan bersin bisa menyebabkan masalah yang serius.

Apa yang terjadi saat seseorang menahan bersin?

Bila kamu termasuk orang yang suka menahan bersin dengan berbagai macam alasan maka sebaiknya kamu segera meninggalkan kebiasaan itu. Mengapa? Karena menahan berisn lebih banyak efek buruknya dibandingkan dengan manfaatnya. Bahayanya apa? Menahan bersin bisa menyebabkan kerusakan pada gendang telinga, sinus dan berisiko menyebabkan infeksi pada telinga.

Kerusakan pada gendang telinga dan sinus saat menahan bersin disebabkan karena tertahannya tekanan yang sangat besar. Dan bila bersin itu disebabkan karena infeksi maka infeksi tersebut akan masuk lebih dalam ke dalam tubuh. Jadi, bila panggilan bersin itu muncul, lepaskanlah apa adanya.

Kasus menahan bersin yang berujung masuk rumah sakit pernah dialami oleh seorang pria di Inggris. Pria yang berusia 34 tahun ini merasakan bengkak pada leher dan perubahan suara pada saat berbicara pasca menahan bersin. Setelah dilakukan pemeriksaan ronsen, terlihat kerusakan parah pada daerah belakang mulut termasuk klep yang menghubungkan antara saluran pernafasan dengan saluran makanan.

Baca juga: Tips Mencuci Yang Sehat

Lalu bagaimana cara bersin yang baik dan benar?

Membiarkan bersin keluar apa adanya adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan saat bersin. Membebaskan bersin keluar bukan berarti kamu bebas menyemprotkan kuman ke orang orang di sekitarmu. Ada etika atau cara bersin yang bisa kamu terapkan saat berada di tempat umum. Silakan diperhatikan cara menutup mulut dan hidung yang benar saat bersin.

Tips saat bersin lainnya adalah sebagai berikut:

  • Tutuplah mulut dengan tisu atau bagian dalam lengan seperti gambar di atas.
  • Segera buang tisu tersebut ke tempat sampah.
  • Cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir.
  • Cobalah menjauh dari orang lain saat bersin.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman