Mengenal Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa adalah ketidakmampuan tubuh dalam mencerna laktosa. Sedangkan laktosa sendiri adalah komponen yang terdapat di dalam susu dan produk susu lainnya. Intoleransi laktosa disebabkan oleh kurangnya enzym laktase pada usus halus.

Baca juga: Perlukah Minum Susu Saat Hamil?

Gejala utama dari intoleransi laktosa adalah diare, perut kembuh dan sering buang gas. Diagnosa intoleransi laktosa biasanya ditegakan dengan cara melakukan percobaan pemberian makanan atau susu yang bebas laktosa. Bila keluhan berkurang maka kemungkinan keluhan pada pencernaan yang dialami pasien disebabkan oleh intoleransi laktosa.

Loading...

Prinsip pengobatan dari intoleransi laktosa adalah menghindari makanan atau produk makanan yang mengandung laktosa. Cara pengobatan lain diantaranya dengan memberikan suplemen yang berisi enzim laktase sebelum mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa.

Intoleransi laktosa berbeda dengan alergi susu. Bedanya, pada alergi susu yang terjadi adalah reaksi penolakan atau hipersensitivitas terhadap protein yang ada pada susu. Pada penderita intoleransi laktosa, mereka masih bisa mengonsumsi susu yang tidak mengandung laktosa, sedangkan pada alergi susu, kebanyakan dari mereka harus menghindari susu sama sekali.

Tulis Komentar

loading...