Mengapa Air Mata Keluar Saat Kita Menguap?

Menguap adalah mekanisme alami tubuh yang kerap terjadi saat kita mengantuk. Selain membuka mulut dengan lebar, air mata pun keluar saat kita menguap. Nah, mengapa air mata bisa menetes saat kita menguap? Pertanyaan inilah yang coba kita bahas pada tulisan kali ini.

Baca juga: Ini Penyebab Mata Sering Berair

Menurut Mina Massaro-Giordano, M.D., seorang professor ophthalmologi klinik dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, mekanisme pasti keluarnya air mata saat kita menguap sampai saat ini belum diketahui. Memang saat ini berkembang banyak teori yang membahas masalah ini, tetapi jawaban pasti masih belum didapatkan, termasuk mengapa tidak semua orang mengeluarkan air mata saat menguap.

Apa sih air mata itu?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang hubungan antara air mata dengan menguap, ada baiknya kita perjelas dahulu tentang air mata.

Air mata manusia terbentuk dari tiga lapisan unik yang berfungsi membasahi dan melembabkan bola mata. Ketiga lapisan unik tersebut terdiri dari minyak, air dan lendir. Campuran ketiganya berguna untuk menjaga lapisan bagian luar bola mata tetap halus dan terlindung dari berbagai macam iritan, termasuk kuman penyebab infeksi.

Lapisan minyak pada air mata berfungsi untuk mencegah air mata menguap dengan cepat. Minyak ini diproduksi oleh kelenjar meibom yang terdapat pada bagian bawah kelopak mata. Lapisan air pada air mata diproduksi oleh kelenjar lakrimalis yang terdapat pada bagian bawah alis. Lapisan air ini berfungsi untuk membasahi kornea dan konjungtiva. Selain minyak dan air, air mata juga diisi oleh lapisan lendir yang berfungsi mempertahankan kelembaban bola mata.

Air mata ini menyebar ke permukaan mata saat kita berkedip. Air mata juga bisa berbentuk tetesan air saat kita menangis dan menguap. Tetesan air mata ini bisa terjadi karena kelenjar lakrimalis yang bertugas menghasilkan lapisan air mengalami over produksi.

Mengapa air mata keluar saat kita menguap?

Penyebabnya ternyata sederhana. Air mata keluar saat kita menguap disebabkan karena adanya perubahan kontur pada wajah. Sebagaimana diketahui, saat kita menguap, otot otot wajah bergerak sedemikian rupa termasuk otot otot di sekitar mata. Gerakan otot otot di sekitar mata menyebabkan mata tertutup. Selain menyebabkan mata tertutup, gerakan otot mata daerah sekitar mata juga menekan kelenjar lakrimalis sehingga memaksa kelenjar ini mengeluarkan lebih banyak air mata.

Teori lain menyebutkan, saat kita menguap, muara dari duktus pembuangan air mata yang terletak di bagian dalam kornea tertutup sementara. Kondisi ini menyebabkan air mata yang terdapat pada mata tidak terbuang dengan baik sehingga menumpuk pada mata. Kondisi kembali normal setelah kita selesai menguap dan berkedip beberapa kali.

Mengapa tidak semua orang keluar air mata saat menguap?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keluarnya air mata saat kita menguap, salah satuya adalah bentuk anatomi daerah mata. Jika muara duktus pembuangan air matanya besar maka pembuangan air mata berlangsung dengan cepat sehingga air mata tidak banyak keluar saat kita menguap.

Baca juga: Ini Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Tidur Siang

Penomena keluarnya air mata saat menguap juga tidak dialami oleh mereka yang memiliki mata kering. Penyebab mata kering diantaranya karena menipisnya lapisan pelembab bola mata saat kita berada di lingkungan yang berangin kencang. Mata kering juga bisa dialami oleh mereka yang jarang berkedip, misalnya saat bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama.

Jadi kesimpulannya, keluarnya air mata saat kita menguap adalah mekanisme unik yang terjadi pada mata. Tapi jangan takut, kondisi ini adalah kondisi normal, bukan disebabkan karena adanya masalah kesehatan.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman