Inilah Tipe Golongan Darah Paling Langka Sedunia

tips pasutri

Bila kita bicara golongan darah maka pikiran kita pasti tertuju pada tipe golongan darah yang sangat umum di Indonesia yakni golongan darah tipe A, B, AB dan O. Sebenarnya selain tipe ABO, ada satu lagi tipe golongan darah yang jamak di luar sana yakni golongan darah tipe Rhesus atau Rh. Golongan darah tipe Rhesus ini dibagi lagi menjadi Rhesus positif dan Rhesus negatif.

Baca juga: Sekelumit Tentang Transfusi Darah

Tapi tahukah kamu? Ada satu tipe golongan darah yang hanya dimiliki oleh 43 orang di seluruh dunia. Tipe golongan darah mereka disebut dengan “Rhnull”. Mengapa disebut Rhnull atau Rh0? Karena di dalam darah mereka tidak terdapat antigen Rh seperti yang dimiliki oleh 99.9% penduduk dunia lainnya.

Rhnull juga kerap disebut dengan ‘golden blood’ karena mereka yang memiliki golongan darah ini bisa memberikan darahnya kepada seluruh pemilik golongan darah Rh langka lainnya. Sayangnya diantara 43 orang pemilik golongan darah Rhnull, hanya 9 orang yang rutin mendonorkan darahnya sehingga donor darah hanya dilakukan pada kondisi kondisi tertentu.

Apa sih golongan darah Rhnull itu?

Golongan darah Rhnull adalah golongan darah langka yang ditandai dengan tidak adanya antigen Rh (D, C, d, E dan e) pada sel darah merah. Golongan darah Rhnull terjadi karena adanya kesalahan genetik sehingga sel darah merah yang terbentuk tidak kuat atau mudah pecah. Itu sebabnya pemiliki golongan darah Rhnull kerap menderita anemia hemolitik menahun. Anemia hemolitik sendiri adalah anemia yang terjadi karena pecahnya sel darah merah.

Golongan darah tipe Rhesus atau Rh terdiri dari 45 antigen independen yang pertama pertama kali ditemukan pada tahun 1939. Golongan darah tipe Rhesus menjadi salah satu tipe golongan darah polimorpik dan immunogenik populer setelah tipe golongan darah ABO. Tipe golongan darah ini juga menjadi salah satu pertimbangan saat memberikan transfusi darah kepada pasien.

Baca juga: Benjolan Kasar Di Kepala Mr P Dekat Lubang Kencing Yang Bikin Penasaran

Sebagaimana kita ketahui, penentuan tipe golongan darah merupakan salah satu langkah penting sebelum pelaksanaan tranfusi darah. Kecocokan tipe golongan darah antara darah donor dengan darah penerima menjadi penting untuk mencegah terjadinya reaksi transfusi yang berbahaya.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.