Ini Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Tidur Siang

tips pasutri

Bagi mereka yang tidurnya bermasalah di malam hari, tidur siang merupakan salah satu pilihan untuk membayar hutang tidur. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui bahwa tidur siang juga tidak boleh sembarangan. Tidur siang yang tidak benar akan menyebabkan manfaat tidur siang yang dirasakan tidak sesuai dengan harapan.

Baca juga: Sering Tidur Kurang Dari 5 Jam? Waspadai Penyakit Ini

Apa sih manfaat tidur siang?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang tidur siang, ada baiknya kita melihat dulu manfaat dari tidur siang bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan:

  1. Relaksasi.
  2. Mengurangi rasa lelah.
  3. Meningkatkan kewaspadaan.
  4. Memperbaiki mood.
  5. Memperbaiki performa fisik, termasuk waktu bereaksi terhadap perintah.
  6. Memperbaiki fungsi memori.

Apa yang terjadi saat tidur siang tidak dilakukan dengan benar?

Tidur siang tidak selalu mudah bagi sebagian orang. Meskipun mereka kurang tidur di malam hari, mereka juga tidak mudah terlelap di siang hari. Bila memaksa tidur siang, mereka ini biasanya akan mengalami beberapa keluhan akibat dari tidur siang yang dilakukan dengan tidak benar atau terpaksa. Berikut beberapa diantara keluhan tersebut:

  1. Orang yang tidur siangnya tidak baik bisa mengalami inersia, artinya mereka mengalami kebingungan (disorientasi) saat terjaga dari tidur siang.
  2. Gangguan tidur di malam hari. Mereka yang tidur siang dengan benar dan waktu yang pendek biasanya tidak mengalami masalah dengan siklus tidur di malam hari. Namun, pada orang yang kualitas tidur di malam harinya buruk, tidur siang bisa memperparah gangguannya itu. Orang yang tidur malamnya tidak cukup, otomatis akan tidur siang dalam waktu yang lama. Nah, kelamaan tidur siang ini akan menambah buruk kualitas tidur di malam harinya.

Kapan sebaiknya tidur siang?

Tidur sianglah bila kamu merasakan hal hal berikut:

  • Kamu merasa kelelahan dan mengantuk.
  • Kamu kurang tidur pada malam sebelumnya, misalnya setelah bekerja shift malam.
  • Kamu menginginkan tidur siang sebagai salah satu kegiatan rutin di siang hari.

Apakah keinginan tidur siang yang berlebihan itu merupakan suatu penyakit?

Bila kamu memiliki keinginan tidur siang yang sangat besar, sementara kamu tidak merasakan rasa lelah atau mengantuk, kamu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Gangguan tidur kadang memerlukan penanganan dokter agar kondisinya tidak semakin parah.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Hubungan Intim Merupakan Obat Tidur Yang Mujarab

Bagaimana tidur siang yang baik itu?

Agar tidur siangmu berkualita, sebaiknya kamu melakukan hal hal berikut:

  1. Jangan terlalu lama tidur siang. Cobalah tidur siang dengan durasi 10 sampai 30 menit. Semakin lama kamu tidur siang maka akan semakin jelek kondisi tubuh yang kamu dapatkan setelah tidur siang.
  2. Tidur sianglah di siang hari. Waktu yang terbaik untuk tidur siang adalah sekitar jam 1 sampai 2 siang atau setelah makan siang. Tidur siang di waktu waktu ini dapat mencegah terjadinya masalah pada siklus tidur di malam hari.
  3. Buatlah lingkungan yang nyaman untuk tidur siang. Cobalah tidur siang dalam suasana yang sunyi, ruangan yang gelap dengan suhu yang nyaman tanpa adanya gangguan dari luar.
  4. Setelah tidur siang, pastikan kamu masih memiliki waktu untuk memulihkan kondisi tubuh sebelum melanjutkan kembali aktivitas yang tertunda.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.