Tidak Perlu Takut Berbahasa Inggris di Tempat Kerja

Baru-baru ini kamu baru saja melakoni wawancara kerja. Lalu, kamu diterima. Selamat! Tetapi, permasalahan selanjutnya bukanlah soal adaptasi di lingkungan kerja atau gaji yang akan kamu terima terlalu kecil. Bukan. Kamu harus menggunakan bahasa Inggris setiap hari di kantor. Kamu harus bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris bahkan dengan sesama rekan kerja. Bagaimana? Sudah siap?

Untuk kondisi demikian kamu harus cari tempat les bahasa Inggris Jakarta. Pasalnya, bekerja di lingkungan profesional dengan menggunakan bahasa asing bisa menjadi satu hal yang menakutkan dan mengintimidasi. Di tempat les ini kamu akan belajar membiasakan diri berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Yang lebih penting lagi, di tempat les kamu akan mendapatkan pelajaran-pelajaran penting mengenai bahasa Inggris lanjut untuk profesional. Pastikan minta mentor kamu di tempat les untuk memberikan materi-materi yang berkaitan dengan profesi yang kamu geluti.

Selanjutnya, praktikkan tips sederhana berikut ini agar bahasa Inggris kamu semakin lancar.

Pertama, bawa buku catatan ke mana pun kamu pergi.

Beli buku kecil, isi dengan hal-hal penting yang kamu dapat saat kursus. Juga, setiap kali mendengar kata-kata bahasa Inggris atau idiom dan ungkapan yang tidak kamu mengerti, tulislah. Lalu, cari artinya nanti. Tanyakan kepada mentor. Bila di kantor ada penutur bahasa Inggris asli, tanyakan kepadanya apa artinya. Ini bukan hanya cara untuk memperbaiki level bahasa Inggris kamu, tetapi juga membuka komunikasi dengan rekan kerja baru.

Kedua, sering berbicara dengan rekan kerja di luar jam kerja.

Ajak teman kerja kamu pergi minum atau makan selepas jam kantor. Atau, bergabunglah bersama mereka di saat jam makan atau istirahat kerja. Awalnya memang tips ini akan membuat kamu merasa malu, tapi efektif. Kamu bisa berbincang akrab dengan mereka.

Ketiga, jangan ragu dan malu bertanya dan berkata “I don’t understand” dan meminta bantuan.

Daripada berpura-pura kamu mengerti dengan apa yang mereka katakan, lebih baik berkata jujur dan katakan bahwa kamu tidak paham. Ini mencegah kamu terjerumus dalam masalah besar, apalagi jika kamu salah mengerti tentang instruksi pekerjaan.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman