Toxo (Toxoplasmosis), Mengenal Parasit Kucing Yang Menginfeksi Manusia

Bagi penggemar kucing, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah toxo atau toxoplasma. Yap, toxo atau Toxoplasma gondii adalah parasit bersel satu yang kerap menginfeksi kucing. Uniknya, selain menginfeksi kucing, toxo juga bisa menginfeksi manusia. Pada manusia, penyakit yang disebabkan oleh infeksi toxo disebut dengan Toxoplasmosis.

Baca juga: 10 Cara Mencegah Tokso Pada Ibu Hamil: Mari Cegah Keguguran

Jadi, Toxoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh Toxoplasma gondii. Di dalam tubuh manusia, parasit ini masuk ke dalam jaringan dan mamiliki kemampuan merusak otak, khususnya pada janin di dalam kandungan dan bayi yang baru lahir.

Infeksi Toxoplasma gondii sebenarnya bukan sesuatu yang langka. Data di Amerika Serikat, lebih dari 60 juta orang terinfeksi Toxoplasma gondii. Meskipun di dalam tubuhnya terdapat Toxoplasma gondii. penderita Toxoplasmosis tidak akan merasakan gejala apa apa karena kuatnya sistem pertahanan tubuh dalam menekan perkembangan parasit.

Gejala Toxoplasmosis tidak begitu khas alias mirip dengan gejala flu biasa. Gejala tersebut antara lain, demam, lemas, sakit kepala, pembengkakan kelenjar limfe, nyeri otot dan persendian. Gejala ini akan menghilang dalam beberapa hari sampai beberapa minggu.

Masuknya Toxoplasma gondii ke dalam tubuh terjadi saat tangan yang terkontaminasi parasit menyentuh mulut. Risiko terkontaminasi parasit Toxoplasma gondii terjadi saat seseorang berkebun, membersihkan kandang kucing atau aktivitas lain yang bersentuhan dengan kotoran kucing. Seseorang juga bisa terinfeksi Toxoplasma gondii setelah mengonsumsi makanan mentah/setengah matang, khususnya daging babi dan sapi atau menyentuh mulut setelah menyentuh daging mentah.

Berikut adalah mereka yang berisiko menderita Toxoplasmosis berat:

  • Anak anak atau orang dewasa yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh.
  • Pengidap HIV/AIDS
  • Mereka yang menjalani pengobatan kemoterapi sistemik
  • Mereka yang menerima cangkok organ dan sedang menjalani pengobatan penekan sistem kekebalan tubuh agar gejala penolakan akibat pencangkokan organ bisa dikurangi
  • Janin dan bayi yang baru lahir

Karena kerap menimbulkan kecacatan pada janin yang ada di dalam kandungan, infeksi Toxoplasma gondii juga disebut dengan teratogen. Saat menginfeksi ibu hamil, Toxoplasma gondii memiliki kemampuan menembus plasenta dan masuk ke dalam tubuh janin.

Baca juga: Persiapan Sebelum Menikah dan Hamil

Bayi yang lahir dengan toxo (Toxoplasmosis kongenital) akan mengalami keterbelakangan mental, menderita epilepsi, cerebral palsy, ketulian dan kebutaan.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman