Metastasis

Istilah metastasis atau metastase kerap kita dengar saat seseorang berbicara tentang penyakit kanker. Apa sih metastasis itu? Tulisan saya kali ini mencoba untuk memberi gambaran singkat tentang metastasis.

Secara umum, pengertian metastasis dibagi menjadi dua, yakni:

  1. Metastasis adalah suatu proses penyebaran sel sel kanker dari kanker primer ke lokasi/organ yang jauh di dalam tubuh manusia.
  2. Metastasis juga merupakan sebutan untuk kanker yang muncul sebagai akibat dari penyebaran kanker dari organ tubuh yang lain. Misalnya seseorang yang menderita kanker kulit atau melanoma maka kemungkinan orang tersebut menderita metastasis di dalam otak.

Baca juga: Kanker Kulit Melanoma Juga Bisa Di Organ Intim, Ini Penjelasannya

Agar bisa mengalami metastasis, sel sel kanker harus memenuhi dua syarat utama yakni kemampuan untuk berpindah tempat dan kemampuan untuk hidup di organ tubuh yang lain. Sel yang bermetastasis pada dasarnya adalah sel yang sama dengan sel pada kanker asalnya. Misalnya sel kanker pada paru paru yang bermetastasis ke liver maka sel kanker yang hidup di liver adalah sel kanker paru paru. Jadi, agar bisa bermetatasis, sel kanker harus mampu berpindah dan hidup di organ tubuh yang lain.

Kata metastasis sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya “terlepas dari satu tempat ke tempat yang lain”.

Kata metastasis juga kerap digunakan untuk menyebut jenis jenis kanker tertentu, terutama jenis jenis kanker yang diketahui memiliki sifat menyebar ke organ tubuh yang lain. Misalnya kanker kulit atau melanoma yang kerap disebut dengan melanoma metastatik. Artinya, melanoma tersebut telah menyebar ke organ tubuh yang lain.

Arti metastatis dalam sebuah kanker memang sangat penting bagi seorang dokter. Mengapa? Karena ada atau tidaknya metastasis sangat menentukan keberhasilan pengobatan dari suatu kanker. Penyembuhan biasanya berhasil dengan baik pada kasus kasus kanker yang belum mengalami metastasis. Sedangkan pengobatan menjadi lebih rumit dan mahal pada kasus kasus kanker yang telah bermetastasis ke banyak organ. Harapan hidup pada pasien yang kankernya sudah metastasis pun menjadi lebih singkat.

Baca juga: 9 Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Diketahui Setiap Wanita

Deteksi dini adalah salah satu cara untuk mengetahui adanya kanker pada stadium dini. Dan bila ditemukan pada stadium dini, kanker tersebut biasanya belum mengalami metastasis.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.