CDC Mendesak Pria Amerika Agar Jangan Menggunakan Kondom Seperti Ini

The Centers for Disease Control and Prevention atau CDC Amerika Serikat baru baru ini mengeluarkan sebuah statemen yang cukup mengejutkan bagi para pengguna kondom di Amerika Serikat. Apa sih seruan itu?

CDC menyerukan warga Amerika Serikat agar tidak menggunakan kondom bekas pakai atau mencuci kondom yang sudah dipakai untuk digunakan kembali. Menurut data CDC, penduduk Amerika Serikat yang aktif melakukan hubungan seksual sekitar 72 persen dan 1 dari 4 mereka yang aktif berhubungan seksual menggunakan kondom saat berhubungan seksual. Sayangnya dari para pengguna kondom ini sebagian besar belum bisa menggunakan kondom dengan benar.

Baca juga: 5 Langkah Pemakaian Kondom

CDC mengeluarkan seruan seperti ini bukanlah tanpa alasan. Para peneliti CDC menemukan sebanyak 3 persen dari pengguna kondom mencoba menggunakan kembali kondom yang telah dipakai. Tidak sedikit pula yang menggunakan kondom di saat yang tidak tepat (terlambat menggunakan atau terlalu cepat melepaskan kondom).

Kondom cukup efektif untuk mengurangi risiko tertular penyakit menular seksual dan mencegah kehamilan asal digunakan dengan cara yang benar. Efektifitas kondom baru bisa dirasakan bila digunakan hanya sekali pakai.

Manusia telah mengenal kondom sejak 200 tahun yang lalu, ironisnya, sampai detik ini masih banyak yang tidak bisa menggunakannya dengan benar. Kesalahan pemakaian kondom pun cukup tidak masuk akal yakni mencuci dan memakai kembali kondom yang telah digunakan. Faktanya, kesalahan seperti ini cukup sering dilakukan.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2012, sebanyak 3,3 persen responden pengguna kondom mencoba menggunakan kembali kondom yang telah dipakai. Masih menuru studi yang sama, sebanyak 50 persen responden pengguna kondom memakai kondom di saat yang terlambat dan 44,7 persen melepaskan kondom terlalu cepat.

Kebiasaan mencuci kondom ini diduga karena di awal awal kemunculannya, kondom merk terkenal Durex pernah menuliskan cara mencuci kondom pada kemasannya. Namun, kini tulisan cara mencuci kondom sudah tidak muncul lagi dalam kemasan Durex.

Selain pemakaian yang salah, efektifitas kondom juga bisa berkurang saat kondom di simpan pada tempat yang tidak sesuai, kondom terkena benda benda tajam seperti kuku atau kondom terkena minyak yang terdapat pada lipstik.

Baca juga: Ini Yang Harus Dilakukan Wanita Saat Berhubungan Intim Dengan Pria Yang Penisnya Besar

Selain tidak steril, kerusakan kondom bekas pakai juga bisa disebabkan karena adanya pergesekan saat berhubungan seksual.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu pernah mencuci kondom yang sudah dipakai?

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.