Lampu Kuning ”Bagi“ Si Darah Manis

Lampu Kuning ”Bagi“ Si Darah Manis 1

Diabetic foot adalah kerusakan organ dan bahkan anggota gerak tubuh akibat kadar gula darah yang tinggi.

Bagi penderita diabetes….hati-hatilah..! Sudah banyak contoh terlihat, seperti rusaknya organ tubuh akibat infeksi yang sulit disembuhkan. Bahkan vonis amputasi pun kadang harus diterima.

Biangkeroknya adalah kelebihan kadar glukosa dalam darah. Kondisi ini dapat menyebabkan inflamasi dan penyumbatan di dalam pembuluh darah hingga akhirnya menimbulkan komplikasi karena darah tidak dapat mengalir dengan baik. Penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi dan cenderung sulit terkontrol. Dampaknya adalah kerusakan organ dalam bahkan anggota gerak, atau sering disebut dengan diabetic foot.

Memuat...

Apa itu diabetic foot?

Diabetic foot dapat diartikan sebagai berbagai macam komplikasi pada kaki yang ditemukan pada penderita diabetes. Komplikasi ini dapat berbentuk apa saja yang disebabkan kerusakan akibat tingginya kadar gula darah, dan apabila terjadi luka pada kaki akan sangat mudah menginfeksi. Rendahnya ketahanan tubuh dan kemampuan tubuh yang terbatas dalam menyembuhkan luka pada kaki penderita diabetes menyebabkan infeksi dapat bertambah parah, bahkan bisa terjadi kecacatan dan harus diamputasi untuk memutus infeksi dari kaki.

Ada dua mekanisme penting dalam terjadinya diabetic foot: kerusakan pembuluh darah tepi (perifer) dan kerusakan saraf (neuropati). Kondisi diabetes menyebabkan masalah aliran darah dari jantung keseluruh tubuh. Aliran darah dari jantung diperlukan untuk memulihkan kerusakan jaringan pada bagian tubuh yang luka. Tanpa aliran darah yang baik, akan sangat sulit suatu luka untuk pulih bahkan tidak akan pulih kembali. Dampaknya adalah kematian jaringan karena kurangnya asupan darah (gangrene) dan disertai luka terbuka (ulserasi) yang sangat berisiko terinfeksi kuman di kaki.

Kebanyakan penderita diabetes tidak menyadari adanya lukamaupun tingkat keparahan luka yang terus bertambah akibat gangguan saraf (neuropati) yang disebabkan oleh kerusakan yang ditimbulkan dari tingginya kadargula darah. Kondisi neuropati menyebabkan penderita diabetes tidak merasakan sakit atau tekanan pada kaki. Di samping dampaknya terhadap luka, penderita diabetes yang mengalami neuropati juga memiliki kesulitan menggerakan kaki karena gangguan saraf dengan otot kaki. Kedua faktor penyebab tersebut saling berkaitan dan menyebabkan kecacatan kaki permanen pada penderita diabetes. more detail

Nih buat jajan