Inilah 7 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi dengan Mudah

tips pasutri

Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Gigi yang bermasalah bisa menimbulkan rasa sakit seperti sakit kepala, bengkak pada rahang, hingga gangguan pada tenggorokan. Selain itu, masalah pada gigi juga sering membuat penderitanya sulit makan serta mudah terganggu dengan suara kencang.

Untuk mengatasinya, berikut adalah tujuh cara menyembuhkan sakit gigi yang bisa kamu coba.

1.   Berkumur dengan Air Garam

Umumnya, sakit gigi disebabkan oleh infeksi bakteri pada gigi atau gusi. Untuk itu, manfaatkan mineral yang ada pada garam untuk membunuh kuman dan bakteri pada gigi yang sakit. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur.

2.   Memanfaatkan Obat Generik Pereda Nyeri

Obat seperti parasetamol, natrium diklofenak, dan ibuprofen terkenal bisa meredakan sakit gigi. Untuk sakit gigi yang disertai bengkak, asam mefenamat dapat membantu menyembuhkannya. Beberapa obat memiliki efek yang lambat sehingga kamu harus sedikit bersabar dan meminumnya sesuai dosis.

3.   Mengunyah Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang merupakan senyawa fitokimia yang bisa membunuh bakteri, jamur, dan parasit. Kunyah langsung bawang putih untuk mengeluarkan allicin secara alami dan menyembuhkan masalah pada gigi.

4.   Mengganti Pasta Gigi

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk memperbaiki lapisan gigi. selain itu, pilih juga pasta gigi yang memasukkan triklosan dalam komposisinya. Triklosan adalah antibiotik yang bisa kamu manfaatkan untuk meredakan sakit gigi.

5.   Menambal Gigi yang Berlubang

Cara yang paling ampuh adalah menyelesaikan masalah pada sumbernya. Jika sakit gigi disebabkan oleh gigi yang berlubang, sebaiknya minta dokter untuk menambalnya. Kamu bisa memanfaatkan layanan klinik untuk mendiagnosis masalah pada gigi.

6.   Menekan Titik Akupresur

Titik akupresur untuk masalah gigi terletak pada titik di antara jari telunjuk dan ibu jari. Untuk meredakan nyeri, kamu bisa menekan titik tersebut atau mengompresnya dengan menggunakan es batu.

7.   Mencabut Gigi yang Bermasalah

Pilihan terakhir dalam cara menyembuhkan sakit gigi adalah mencabut gigi yang bermasalah. Hal ini bisa dilakukan terutama jika gigi berada di bagian samping atau belakang rahang. Dengan mencabut gigi yang sakit, kamu akan terhindar dari risiko infeksi lebih jauh.

Beberapa cara di atas bisa meredakan dan menyembuhkan sakit gigi yang kamu derita. Namun, cara yang terbaik tetaplah dengan memeriksakannya secara rutin ke klinik atau dokter gigi. Selain mendapatkan pelayanan profesional, kamu juga bisa mencegah sakit gigi sebelum terjadi.

loading...

loading...