7 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Benar

tips pasutri

Apakah kamu pernah menemukan lapisan kuning kecoklatan di gigi dan sela-sela antara gigi dan gusi? Lapisan tersebut kemungkinan besar adalah karang gigi atau plak yang menumpuk. Plak sendiri terbentuk dari sisa makanan yang bercampur dengan protein yang ada di dalam mulut. Kebiasaan merokok dan minum kopi juga bisa memperparah kondisi ini.

Keberadaan karang pada gigi harus dibersihkan secara berkala. Sebab, karang gigi bisa berujung pada penyakit gigi yang cukup serius jika dibiarkan terlalu lama. Beberapa penyakit yang biasanya disebabkan oleh karang gigi adalah gingivitis, rusaknya lapisan gigi, periodontis, hingga tanggalnya gigi karena keropos.

Bagi kamu yang ingin tahu, berikut adalah tujuh cara membersihkan karang gigi yang ampuh untuk dilakukan.

1.   Menyikat Gigi Secara Teratur

Lakukan sikat gigi minimal dua kali sehari untuk mengurangi risiko penumpukan plak. Sebaiknya, gunakan sikat gigi berbulu halus agar bisa menjangkau seluruh sela gigi.

2.   Menggunakan Pasta Gigi yang Tepat

Pasta gigi yang terbaik untuk mengusir plak adalah pasta gigi yang mengandung fluoride dan triklosan. Fluoride dapat melindungi lapisan gigi sedangkan triklosan berfungsi debagai antibiotik yang membersihkan bakteri dari gigi.

3.   Melakukan Flossing

Flossing atau membersihkan gigi dengan benang ternyata merupakan cara efektif untuk membuang sisa makanan yang terselip. Kamu bisa membeli dental floss atau benang gigi di supermarket dan apotek.

4.   Berkumur Setelah Sikat Gigi

Salah satu cara membersihkan karang gigi adalah berkumur dengan mouthwash yang mengandung antiseptik untuk membersihkan bagian mulut yang tidak terjangkau sikat gigi.

5.   Mengurangi Makanan yang Menyebabkan Plak

Makanan yang mengandung tepung, gula, soda, dan alkohol bisa menumpuk plak di gigi. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan tersebut. Selain itu, sebaiknya jaga kebersihan gigi terutama setelah makan makanan dengan kandungan tersebut.

6.   Menghindari Kopi dan Rokok

Kafein dalam kopi dan nikotin dalam rokok terkenal bisa membuat gigi menguning. Dalam jangka waktu tertentu, noda kuning pada gigi ini bisa menumpuk menjadi karang gigi. Kurangi konsumsi kopi dan rokok untuk mencegah hal tersebut terjadi.

7.   Melakukan Scaling

Untuk mencegah masalah lebih lanjut, kamu bisa meminta dokter gigi untuk melakukan scaling. Proses scaling adalah pembersihan karang gigi dengan beberapa prosedur. Dokter mungkin melakukan cara membersihkan gigi dengan menggunakan anestesi lokal, alat pengikis, atau ultrasonik untuk membuang karang yang menumpuk dari gigi.

Sebelum karang gigi menjadi lebih parah, sebaiknya kamu memeriksakan kondisi gigi minimal enam bulan sekali ke klinik gigi. Dengan begitu, dokter gigi bisa melakukan pencegahan terhadap karang dan penyakit gigi lainnya.

loading...

loading...