5 Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang

tips pasutri

Gigi berlubang merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi. Bahkan, lubang pada gigi sering kali dianggap biasa dan wajar sehingga banyak orang membiarkannya. Padahal, bahaya gigi berlubang bisa menjadi serius jika tidak dirawat. Apa saja bahayanya? Berikut adalah lima di antaranya.

1.   Kerusakan Gigi

Gigi yang berlubang pada umumnya disebabkan oleh plak yang menumpuk dan merusak gigi. Kalau dibiarkan terlalu lama, lubang pada gigi bisa membesar dan merusak mahkota serta akar gigi.

Selain menimbulkan rasa sakit yang cukup hebat, gigi yang rusak juga berpengaruh pada penampilan serta bau mulut. Belum lagi, bakteri bisa menyebar dan merusak ke gigi yang ada di sebelahnya.

2.   Abses pada Gusi

Jika kerusakan gigi sudah sampai ke akar, gusi pun akan ikut rusak. Bakteri bisa masuk dan menyebabkan luka atau abses pada gusi. Abses ditandai dengan bengkaknya gusi karena nanah yang menumpuk di dalamnya.

3.   Infeksi Bakteri pada Janin untuk Ibu Hamil

Untuk ibu hamil, gigi berlubang bisa menjadi akses masuk bakteri ke dalam tubuh lalu ke janin. Hal ini bahkan bisa menyebabkan janin lahir prematur karena terganggu bakteri dari gigi.

4.   Infeksi Sinus

Sinus merupakan salah satu organ tubuh yang bisa terserang bakteri karena bahaya gigi berlubang. Bakteri bisa masuk ke arah sinus dan menyebabkan infeksi. Kondisi yang dikenal dengan sinusitis ini biasanya menyebabkan nyeri di bagian wajah, sakit kepala, dan napas berbau.

5.   Endokarditis

Endokarditis adalah infeksi lapisan dalam jantung. Walaupun termasuk kondisi yang langka, salah satu penyebab endokarditis adalah proses perawatan gigi yang tidak benar serta bakteri yang masuk melalui gigi berlubang. Penyakit yang cukup serius ini ditandai dengan adanya demam, kulit berbintik dan pucat, batuk terus-menerus, dan nafas yang sesak.

Bakteri yang masuk dan menyebar adalah salah satu penyebab utama bahaya gigi berlubang. Jika tidak ditangani dengan segera, bakteri akan terus hidup di dalam tubuh dan menyebabkan masalah lain.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegahnya adalah dengan merawat gigi secara rutin. Untuk itu, kamu wajib melakukan pemeriksaan gigi minimal enam bulan sekali ke klinik gigi. Jika ada lubang, dokter gigi bisa langsung menambalnya dan mencegah terjadinya masalah kesehatan lain.

loading...

loading...