Kurang Tidur Dapat Menyakiti Jantung Remaja

tips pasutri

Ada berita buruk nih buat kamu kamu para remaja yang gemar main mobile legend sampai larut malam. Menurut studi terbaru, remaja yang tidurnya tidak berkualitas berisiko mengalami kegemukan dan tekanan darah tinggi yang bisa berujung pada sakit jantung.

Studi yang dilakukan di Massachusetts General Hospital ini merupakan studi pertama yang menyimpulkan adanya hubungan antara kurang tidur pada remaja dan dampaknya bagi kesehatan mereka.

Baca juga: Lakukan Ini Agar Bisa Cepat Tidur

Selama ini kebanyakan remaja mengorbankan waktu tidurnya untuk begadang melakukan hal hal yang tidak bermanfaat. Kebiasaan ini bila dilakukan secara terus menerus dalam jangka panjang dapat menganggu kesehatan mereka dan tentu saja tidak bagus untuk kehidupan mereka kelak.

Menurut Dr Elsie Taveras dari Massachusetts General Hospital, tidur itu penting. Tidur yang berkualitas dengan durasi yang cukup merupakan pilar utama kesehatan individu, tentu saja hal tersebut harus dibarengi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat.

Pada studi kali ini, Taveras dan teman temannya memantau kebiasaan tidur 829 orang remaja dengan alat khusus. Aktivitas tidur mereka diikuti selama tujuh sampai 10 hari. Mereka lalu diperiksa ukuran lingkar perut, tekanan darah, kadar kolesterol dan resistensi insulin yang merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung.

Secara umum, setengah dari remaja yang diteliti memiliki durasi tidur sedikitnya 7,4 jam semalam, sedangkan hanya 2 persen dari mereka memiliki durasi tidur 8 jam setiap malam atau sesuai dengan rekomendasi dari National Sleep Foundation, Amerika Serikat, untuk remaja usia remaja usia 14 sampai 17 tahun. Sedangkan rekomendasi lamanya tidur untuk remaja usia 11 sampai 13 tahun adalah 9 jam setiap malam.

Dari hasil pengamatan tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar remaja yang diteliti mengalami ‘kurang tidur’ karena 84% dari waktu mereka setiap hari dihabiskan dengan terjaga.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Hubungan Intim Merupakan Obat Tidur Yang Mujarab

Kesimpulan dari studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics ini adalah semakin lama durasi tidur seorang remaja maka akan semakin rendah tekanan darahnya, semakin kecil ukurang lingkar perutnya, semakin sedikit lemak tubuhnya dan semakin rendah kadar kolesterolnya.

Membaca hasil studi ini, apakah kamu masih akan begadang malam ini?

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.