Hasil Tes Kehamilan Positif Padahal Tidak Hamil? Ini Penyebabnya

Beberapa hari yang lalu saya menerima sebuah konsultasi kesehatan yang menanyakan tentang tes kehamilan. Seorang pria sebut saja namanya Kumbang bertanya, mengapa hasil test pack pacarnya bisa positif padahal mereka hanya berpelukan dan ciuman saja? Apakah pelukan dan ciuman bisa menyebabkan kehamilan?

Baca juga: Apakah Ciuman Bisa Menyebabkan Kehamilan?

Kembali saya tegaskan disini, pelukan dan ciuman tidak akan menyebabkan kehamilan karena pertemuan sel sperma dan sel telur tidak akan terjadi pada pasangan yang hanya berpelukan dan berciuman. Pertemuan sel sperma dan sel telur baru bisa terjadi bila pasangan itu melanjutkan berhubungan intim setelah berpelukan dan berciuman.

Lalu mengapa hasil test pack bisa positif?

Test pack atau tes kehamilan atau home pregnancy test merupakan alat yang kerap digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Test pack yang berbentuk stik panjang ini mendeteksi adanya hormon human chorionic gonadotropin (hCG) pada urine saat awal awal kehamilan.

Selain kehamilan, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan hasil test pack positif. Hasil test pack seperti ini disebut dengan positif palsu atau false positive. Hal ini menyebabkan test pack tidak dimasukan ke dalam diagnosa pasti kehamilan, artinya, hasil test pack positif belum tentu menandakan seseorang sedang hamil.

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hasil test test pack positif palsu, diantaranya:

1. Kehamilan kimia

Kehamilan kimia terjadi saat telur yang telah dibuahi tidak mengalami implantasi atau perlekatan pada dinding rahim sehingga tidak berhasil hidup. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini termasuk salah satu diantaranya kondisi rahim yang tidak bagus untuk terjadinya kehamilan.

2. Hamil di luar rahim

Kehamilan di luar rahim terjadi saat sel telur yang telah dibuahi tidak menempel pada bagian dalam rahim melainkan di luar rahim. Kehamilan di luar rahim umumnya terjadi karena adanya hambatan pada saluran tuba saat sel telur masuk ke dalam rahim.

3. Riwayat keguguran yang baru saja terjadi

Hasil test pack bisa tetap positif setelah beberapa hari keguguran. Mengapa demikian? Karena proses menghilangnya hormon hCG dari dalam tubuh setelah keguguran berlangsung sangat lambat. Hormon hCG masih terdeteksi di dalam tubuh sampai 6 minggu pasca keguguran.

4. Kesalahan pemakaian test pack

Walaupun cara pemakaiannya sangat mudah, tidak sedikit yang keliru menggunakan test pack. Itu sebabnya sebelum menggunakan test pack, pengguna diharapkan membaca dengan baik aturan pemakaiannya. Salah satu kesalahan penggunaan test pack yang kerap terjadi adalah pemeriksaan test pack yang dilakukan terlalu dini sehingga menyebabkan hasil yang keluar tidak sesuai dengan kenyataan.

5. Garis mengalami evaporasi

Kadang garis merah yang menunjukan hasil test pack dapat mengalami evaporasi sehingga kerap dilihat sebagai hasil positif. Salah satu ciri dari evaporasi garis test pack ini adalah penampakan salah satu garis yang kabur. Jadi, hasil test pack bila salah satu garis kabur ada kemungkinan positif pada awal kehamilan atau hanya karena faktor evaporasi test packnya.

6. Obat obatan

Beberapa contoh obat yang dapat menyebabkan hasil test pack positif palsu diantaranya:

  • Obat perangsang kehamilan yang mengandung hormon hCG sintetik.
  • Obat anti cemas seperti diazepam atau alprazolam.
  • Obat anti psikosis seperti clozapine atau chlorpromazine
  • Obat anti kejang seperti phenobarbital
  • Obat parkinson seperti bromocriptine
  • Obat diuretik seperti furosemide
  • Obat anti histamin seperti promethazine
  • Obat methadone.

7. Kondisi kesehatan tertentu

Ada beberapa penyakit atau kondisi kesehatan tertentu yang dapat memberikan hasil positif palsu pada test pack, diantaranya:

  • Penyakit infeksi saluran kemih
  • Penyakit ginjalyang menyebabkan adanya darah pada urine
  • Kista ovarium
  • Kanker ovarium
  • Gangguan kelenjar pituitary.

Baca juga: Bisakah Perubahan Payudara Untuk Deteksi Kehamilan?

Lalu apa yang harus dilakukan bila hasil test pack positif?

Segera ke dokter untuk memastikan kondisi yang terjadi, apakah test pack positif itu disebabkan oleh kehamilan atau karena sebab lain.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman