Behel Damon: Solusi Cepat dan Nyaman Menggunakan Behel Gigi

tips pasutri

Behel damon hadir sebagai jawaban dari keluhan kebanyakan pengguna behel gigi, yaitu durasi perawatan yang lama dan perawatan yang tidak nyaman dan sakit. Hal ini terutama dirasakan bagi para profesional muda yang ingin menggunakan behel gigi namun ingin durasi perawatan yang lebih cepat.

Selain lebih nyaman dan durasi perawatan yang lebih singkat, kelebihan lain dari behel damon adalah lebih memungkinkan untuk melakukan perawatan tanpa perlu mencabut gigi. Namun hal ini tentunya juga perlu mempertimbangkan hasil akhir yang ingin dicapai oleh pasien.

Nama Damon adalah sebenernya nama merek dari jenis behel tipe ini yang merupakan jenis behel self-ligating. Namun karena Damon adalan merek yang paling terkenal, maka biasanya behel jenis ini disebut dengan behel Damon. 

Mengapa Behel Damon Bisa Lebih Cepat

Cara bekerja behel damon berbeda dengan behel konvensional. Pada behel konvensional, karet elastis digunakan untuk mengikat kawat pada bracket. Namun karet elastis ini juga dapat menghambat pergerakan kawat karena mempunyai gaya friksi yang besar pada saat kawat bergerak.

Pada behel damon, karet elastis tidak lagi digunakan. Karena pada behel damon bracket sudah didesain memiliki slot khusus untuk memegang kawat. Karena friksi dari karet elastis sudah tidak ada maka kawat gigi bisa bergerak lebih mudah membuat proses pergerakan gigi bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Mengapa Behel Damon Bisa Lebih Nyaman

Seperti dijelaskan di atas, pada behel konvensional menggunakan kawat elastis yang menghasilkan gaya friksi yang besar yang menghalangi pergerakan kawat. Untuk mengkompensasi gaya friksi ini, maka dokter gigi harus mengaplikasikan tekanan yang lebih besar untuk mengerakan gigi ke tempat idealnya.

Pada behel damon, gaya friksi tersebut tidak ada karena tidak menggunakan karet elastis. Sehingga dokter gigi tidak perlu lagi mengaplikasikan tekanan yang besar untuk mengerakan gigi, sehingga pasien lebih tidak merasa sakit apabila dibandingkan dengan menggunakan behel konvensional.

Selain kelebihan di atas, kelebih lain dari behel damon adalah lebih higienis dibandingkan dengan behel konvensional. Karena karet elastis dapat menjadi tempat menumpuknya plak yang apabila tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan berbagai masalah gigi dan mulut.

Nah, demikian penjelasan mengenai teknologi behel gigi self-ligating atau yang dikenal sebagai behel damon. Semoga bermanfaat ya untuk kamu yang ingin pasang behel gigi tapi ingin lebih cepat dan nyaman.

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini: