Ini Penyakit Yang Mengintai Mereka Yang Suka Naik Mobil Ke Kantor

tips pasutri

Naik mobil baik itu mobil pribadi maupun angkutan umum adalah moda transportasi yang kerap digunakan kebanyakan orang untuk berangkat bekerja. Tapi tahukah kamu? Rutin mengendarai mobil ke tempat bekerja justru tidak baik bagi kesehatan dan ada alternatif lain yang lebih menyehatkan saat pergi ke kantor.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga Yang Bikin Panjang Umur

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Heart, rutin berjalan kaki atau bersepeda ke kantor dapat menurunkan risiko penyakit jantung iskemik atau stroke sampai 11% dan menurunkan risiko kematian akibat penyakit tersebut sampai 30%.

Telah lama diketahui manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan. Bahkan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki dan bersepeda pun memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan seseorang, terutama menurunkan risiko berbagai macam penyakit seperti penyakit kardiovaskuler.

Sayangnya seiring dengan kemajuan teknologi, minat orang untuk bergerak mulai menurun. Hampir semua aktivitas fisik yang biasa dilakukan dulu, sekarang telah digantikan oleh teknologi. Mulai dari membeli makanan, membersihkan rumah dan berangkat ke tempat bekerja.

Sebenarnya berjalan kaki atau bersepeda ke kantor merupakan salah satu cara mengintegrasikan aktivitas fisik dengan kehidupan sehari hari. Artinya, kita tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk berolahraga. Aktivitas fisik bisa dilakukan di tengah tengah padatnya aktivitas pekerjaan sehari hari.

Kondisi tersebut menggerakan minat para peneliti dari Universitas Cambridge, Inggris untuk membuktikan hubungan antara angka kesakitan dan kematian dengan kebiasaan mengendarai mobil ke kantor. Mereka menggunakan data sebanyak 358.799 responden yang diperoleh dari data Biobank, Inggris.

Data yang diteliti dari responden adalah antara tahun 2006 sampai 2010. Mereka diikuti kebiasaan berkendara ke tempat kerja dan angka kesakitan/kematian yang terjadi.

Hasilnya, mereka yang pola aktivitas fisiknya tinggi selama berangkat ke kantor mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskuler sebanyak 11%. Mereka juga mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler sebesar 30%.

Baca juga: Cegah Diabetes Dengan Olahraga dan Makan Yang Tepat

Meskipun studi ini sifatnya hanya berupa pengamatan, tetapi kesimpulan yang didapat tidak berbeda jauh dengan studi studi sebelumnya yang membuktikan tentang manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan.

Nah, bagi kamu yang masih malas bergerak, mari segera bergerak agar tubuhmu makin sehat dan terhindari dari berbagai penyakit berbahaya.

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Satu tanggapan untuk “Ini Penyakit Yang Mengintai Mereka Yang Suka Naik Mobil Ke Kantor

Komentar ditutup.