Ingin Jantung Sehat? Makanlah Telur Setiap Hari

tips pasutri

tips pasutri

Bagi mereka penggemar telur, ada hasil studi yang menarik nih dari Tiongkok. Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Heart, orang yang rutin mengonsumsi telur setiap hari memiliki risiko penyakit kardiovaskuler yang lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang jarang makan telur.

Baca juga: 9 Butir Telur Sehari Untuk IQ Anak Yang Lebih Tinggi

Sebagaimana kita ketahui bersama, penyakit kardiovaskuler merupakan penyakit non infeksi yang paling banyak membunuh orang di seluruh dunia. Penyakit kardiovaskuler yang paling mematikan adalah penyakit jantung iskemik dan stroke. Di negara negara barat, jumlah kasus penyakit jantung iskemik lebih banyak daripada stroke, sedangkan di negara negara Asia berlaku sebaliknya, jumlah kasus penyakit stroke lebih banyak bila dibandingkan dengan penyakit jantung iskemik.

Meskipun mengandung kolesterol, telur ternyata juga kaya dengan protein, vitamin dan komponen bioaktif seperti phospolipid dan karotenoid.

Pada studi sebelumnya para peneliti mencoba mencari tahu hubungan antara konsumsi telur dengan penyakit tertentu, tetapi hasil studi yang didapatkan tidak konsisten. Ketidakkonsistenan terutama pada hubungan antara konsumsi telur dengan risiko penyakit jantung koroner atau stroke.

Demi menegaskan hubungan antara konsumsi telur dan risiko penyakit kardiovaskuler, tim peneliti dari Pusat Sains Kesehatan, Universitas Peking, Tiongkok, pimpinan Professor Liming Li dan Dr. Canqing Yu, mencoba melakukan studi lanjutan dengan menggunakan data dari China Kadoorie Biobank (CKB).

Dari data CKB didapatkan partisipan sebanyak 512.891 orang dewasa yang berusia antara 30 sampai 79 tahun dari 10 area geografis berbeda di Tiongkok. Mereka kemudian diikuti kebiasaannya mengonsumsi telur dari tahun 2004 sampai 2008 dan dicatat angka kesakitan dan kematian yang terjadi.

Baca juga: Alergi Telur

Kesimpulan yang didapatkan, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan telur, mereka yang rajin mengonsumsi telur memiliki risiko penyakit kardiovaskuler yang rendah.

Nah, mari kita makan telur.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.