Cairan Cerebrospinal

Cairan cerebrospinal adalah cairan yang mengalir di sela sela ventrikel otak dan saraf tulang belakang yang secara terus menerus diproduksi dan diserap oleh tubuh.

Baca juga: Mengenal Secara Singkat Tentang Tumor Otak Pada Anak

Cairan cerebrospinal atau yang kerap disingkat CSF, diproduksi oleh pleksus choroid, anyaman pembuluh darah yang menyelimuti dinding ventrikel otak. Setelah mengalir dalam waktu tertentu, cairan cerebrospinal kemudian diserap oleh pembuluh darah vena.

Bila volume cairan cerebrospinal mengalami peningkatan oleh karena sebab tertentu maka tekanan di dalam otak meningkat. Salah satu gangguan yang terjadi karena peningkatan volume cairan cerebrospinal yang disertai dengan peningkatan tekanan di dalam otak adalah hidrocephalus. Selain karena peningkatan produksi, bertambahnya volume cairan cerebrospinal juga bisa disebabkan oleh karena adanya sumbatan pada saluran cairan cerebrospinal.

Pemeriksaan kondisi cairan cerebrospinal juga kerap dilakukan untuk sarana penunjang diagnostik gangguan pada otak dan saraf tulang belakang. Pengambilan cairan cerebrospinal untuk bahan pemeriksaan dilakukan di pinggang bagian belakang atau tepatnya di sela sela tulang belakang bagian pinggang.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.