Sekilas Tentang Hepatitis C Yang Penting Diketahui

tips pasutri

tips pasutri

Hepatitis adalah proses inflamasi yang terjadi pada organ hati atau liver. Disebut hepatitis C bila penyebab dari proses inflamasi itu adalah virus hepatitis C atau (HCV). Dari sekian banyak virus hepatitis, HCV merupakan salah satu yang paling ditakuti karena dapat menyebabkan penyakit hati kronis.

Baca juga: Hepatitis A

Virus hepatitis C kebanyakan menular melalui jarum suntik, sebagian kecil menular melalui transfusi darah. Namun, seiring dengan makin canggihnya pemeriksaan pada darah transfusi, penularan virus hepatitis C melalui transfusi darah sudah sangat jarang. Penularan virus hepatitis C yang juga jarang adalah melalui hubungan seksual.

Bila inflamasi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis C berlangsung kronis maka organ hati dapat mengalami kerusakan dan berubah menjadi jaringan ikat yang disebut dengan istilah cirosis hepatis. Kerusakan yang disebabkan oleh virus hepatitis C juga bisa menyebabkan terjadinya kanker hati.

Diagnosa hepatitis C dilakukan dengan pemeriksaan darah, sedangkan pengobatan dengan obat obatan anti virus. Saat ini, pengobatan hepatitis C sudah menjanjikan keefektifan sampai diatas 90%. Pengobatan pada hepatitis C kronis tersebut dengan menggunakan kombinasi obat antivirus injeksi dan diminum.

Baca juga: Virus Hepatitis Lebih Banyak Membunuh Orang Dibandingkan Dengan HIV, Malaria Dan TBC

Sayangnya sampai saat ini belum tersedia vaksin untuk mencegah infeksi virus hepatitis C. Yang bisa dilakukan untuk mencegah adalah dengan menghindari penggunaan jarum suntik yang tidak steril terutama bagi mereka pengguna narkoba suntik.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.