Benarkah Minum Kopi Bikin Dehidrasi? Ini Faktanya

tips pasutri

tips pasutri

Sebagai peminum kopi, saya sering mendengar berbagai mitos tentang kopi. Salah satu mitos tersebut adalah kopi dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Benarkah mitos tersebut?

Baca juga: Stop Minum Kopi Bila Timbul Gejala Ini

Teh, kopi, soda dan cokelat adalah makanan/minuman yang dikonsumsi orang untuk dinikmati kafeinnya. Mengapa orang begitu menikmati kafein? Karena kafein adalah stimulan otak yang bagus sehingga orang yang meminumnya merasa lebih bersemangat dan meningkat kewaspadaannya.

Meskipun kafein adalah zat yang legal untuk dikonsumsi, tidak sedikit orang yang termakan mitos tentang dampak buruk dari kafein, salah satunya dikatakan kafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Mitos ini berawal dari tahun 1928. Ketika itu, orang orang menyadari bahwa mengonsumsi minuman berkafein dapat menyebabkan frekuensi buang air kecil meningkat. Artinya, semakin sering seseorang buang air kecil maka akan semakin banyak cairan tubuh yang hilang sehingga tubuh mengalami dehidrasi, Dari sanalah kemudian muncul mitos bahwa kafein memiliki efek diuretik (merangsang buang air kecil) dan menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Menurut Lawrence Armstrong, seorang professor pada bagian Kinesiologi, Universitas Connecticut, Amerika Serikat, meskipun kafein dapat meningkatkan produksi urine, tetapi efeknya terhadap dehidrasi sangat kecil. Meningkatnya frekuensi urine tidak selalu berarti seseorang kehilangan banyak cairan dari dalam tubuh. Logika sederhanya seperti ini, seseorang yang minum banyak air maka dia akan sering pipis, bukan berarti saat itu dia harus berhenti minum.

Baca juga: 7 Hal Yang Dapat Membuat Jantungmu Berhenti Berdetak

Kalau disederhanakan seperti ini, setiap ada peningkatan frekuensi urine maka kita akan dirangsang untuk banyak minum sehingga keseimbangan cairan di dalam tubuh tetap terjaga. Kafein memang sedikit menyebabkan peningkatan frekuensi urine. tetapi kehilangan cairan yang disebabkan oleh hal itu sudah segera digantikan oleh cairan yang ada di dalam minuman berkafein.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.