Tips Wajah Bebas Jerawat Dengan Daun Lidah Buaya

tips pasutri

tips pasutri

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel berwarna bening. Bila dioleskan pada kulit, gel lidah buaya bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri, meredakan proses inflamasi dan mempercepat penyembuhan luka.

Baca juga: 3 Pilihan Obat Jerawat Tradisional yang Manjur

Karena manfaatnya inilah maka gel lidah buaya banyak digunakan untuk pengobatan berbagai macam masalah kulit seperti psoriasis, ruam, luka sayat dan luka bakar. Beberapa studi bahkan menyebutkan gel lidah buaya bermanfaat untuk mengobati jerawat.

Apa sih kandungan gel lidah buaya sehingga memiliki manfaat yang begitu besar? Gel lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam cinnamonik, phenols dan belerang. Semua zat kimia tersebut terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Pada sebuah studi dilakukan pencampuran antara gel lidah buaya dengan minyak cengkeh untuk mengobati jerawat. Hasilnya, semakin tinggi konsentrasi gel lidah buaya pada campuran itu maka akan semakin kuat efek anti jerawatnya.

Pada studi lain menyebutkan, campuran 50% gel lidah buaya pada krim tretinoin jauh lebih efektif dalam membasmi jerawat bila dibandingkan dengan krim tretinoin tanpa gel lidah buaya. Krim tretinoin sendiri adalah obat jerawat yang merupakan turunan dari vitamin A.

Sayangnya, efektivitas gel lidah buaya dalam membasmi jerawat sedikit menurun bila gel ini digunakan sendiri atau tidak dicampur dengan bahan bahan lain. Jadi, bila kamu ingin mengobati jerawat, cobalah melakukan kombinasi antara obat jerawat yang selama ini kamu minum dengan olesan gel lidah buaya pada wajah.

Baca juga: Makan Kacang Menyebabkan Jerawat?

Berikut cara membuat olesan gel lidah buaya:

  1. Kerok bagian dalam daun lidah buaya dengan menggunakan sendok.
  2. Oleskan gel itu pada wajah berbarengan dengan krim atau obat jerawat yang telah digunakan selama ini.
  3. Lakukan pengolesan gel lidah buaya pada wajah, satu atau dua kali sehari, atau sesuai dengan keinginan.

Dengan pengobatan yang rajin dan disertai dengan perawatan wajah yang rutin, mudah mudahan jerawat pada wajah dapat berangsur angsur berkurang.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.