Ditemukan Virus Baru Pada Babi Yang Berpotensi Mengancam Manusia

tips pasutri

tips pasutri

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PNAS disebutkan, telah ditemukan virus baru pada babi yang berpotensi menyerang manusia dan hewan. Virus baru ini ditemukan saat dilakukan pembiakan pada sel manusia dan beberapa spesies hewan di sebuah laboratorium.

Baca juga: Virus Hepatitis Lebih Banyak Membunuh Orang Dibandingkan Dengan HIV, Malaria Dan TBC

Tim peneliti dari Universitas Ohio. Amerika Serikat dan Universitas Utrecht, Belanda, mencoba mendalami lebih jauh tentang virus ini, termasuk ancamannya bagi manusia dan hewan lain. Langkah pertama yang mereka lakukan adalah menemukan cara perpindahan virus baru ini dari satu spesies ke spesies yang lain.

Porcine deltacoronavirus pertama kali ditemukan di Tiongkok pada tahun 2012, tetapi saat itu, virus tersebut tidak menyebabkan suatu penyakit. Virus babi ini baru diduga menyebabkan penyakit setelah ditemukan adanya wabah diare pada babi di Ohio, Amerika Serikat pada tahun 2014. Sejak saat itu, porcine deltacoronavirus kerap dijumpai pada negara negara yang mengalami wabah diare pada babi. Meskipun infeksi porcine deltacoronavirus termasuk infeksi yang mematikan pada babi, sampai saat ini belum ditemukan kasusnya pada manusia. Namun, para ahli tetap yakin bahwa infeksi porcine deltacoronavirus pada manusia kemungkinan bisa terjadi.

Sebelum ditemukan pada babi, virus porcine deltacoronavirus telah ditemukan pada beberapa jenis burung. Inilah yang memperbesar kekhawatiran para ahli bahwa virus ini memiliki potensi berpindah dari satu spesies ke spesies yang lain termasuk ke manusia.

Ketakutan dan kekhawatiran ini beralasan mengingat kejadian wabah SARS (severe acute respiratory syndrome) dan MERS (Middle East respiratory syndrome) yang terjadi beberapa tahun yang lalu. Wabah yang menelan puluhan bahkan ratusan korban jiwa ini disebabkan oleh virus yang ditularkan dari hewan.

Baca juga: WHO Memasukan Penyakit Ini Ke Dalam Daftar ‘Disease X’

Itu sebabnya para ahli merasa perlu melakukan antisipasi secara dini terhadap virus virus baru yang menyerang hewan yang memiliki potensi menyerang manusia.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.