Akhirnya Cobaan Itu Berhasil Dilalui

tips pasutri

tips pasutri

Mungkin pembaca blog ini sempat bertanya tanya tiga hari belakangan ini, mengapa blog ini agak sulit diakses dan sempat menampilkan tulisan “Hello World” seperti saat instalasi WordPress untuk pertama kalinya. Yap, blog kesayangan saya ini memang sempat bermasalah dengan sumber daya server hosting.

Masalah bermula dari hari kamis kemarin, blog ini selalu menampilkan pesan error “500 internal server error” saat diakses dan kalau pun berhasil masuk, prosesnya sangat lama. Lalu saya mencoba masuk ke cpanel untuk mengetahui masalah yang terjadi dan di sana semua tampak baik baik saja termasuk status server hosting saat itu.

Penelusuran saya di cpanel kemudian terhenti pada warna merah peringatan CPU server yang hampir mencapai 100%. Binggo! ternyata inilah yang menjadi biang kerok dari lambatnya akses ke blog ini.

Kemudian saya mencoba menghubungi pihak Hawkhost sebagai penyedia layanan hosting, tempat saya menaruh blog ini. Jawaban dari mereka, ada permintaan php simultan dari blogdokter.net yang menyebabkan tingginya penggunaan CPU saat itu. Mereka menyarankan untuk menonaktifkan seluruh plugin, lalu mengaktifkan satu per satu sampai ketemu plugin yang bermasalah, atau menaikan limit CPU dengan menyewa layanan hosting yang lebih tinggi.

Pilihan kedua yang diberikan oleh pihak hosting agak sulit saya penuhi, mengingat untuk menambah limit CPU ke layanan semi dedicated diperlukan harga sewa $8 USD per bulan. Atau kalau mau meningkat ke Virtual Private Server (VPS) dibutuhkan harga sewa $18 USD per bulan. Saya terpaksa mengabaikan pilihan ini karena bagi saya, uang segitu masih bisa dimanfaatkan untuk hal hal lain yang lebih bermanfaat.

Akhirnya saya memilih pilihan ke satu yakni mencoba mencari plugin wordpress yang bermasalah untuk kemudian membuangnya. Mematikan kemudiang menghidupkan kembali plugin, rasanya tidak akan berhasil mengatasi masalah karena file php plugin masih berjalan diam diam meskipun dia dalam kondisi tidak aktif. Untuk itu akhirnya saya mencoba solusi dengan menginstall ulang WordPress, dan tentu saja sebelumya semua data penting serta database sudah saya backup.

Setelah menginstall ulang WordPress dan mencoba menginstall satu per satu plugin, akhirnya saya menemukan dua plugin yang membuat CPU server melonjak drastis saat plugin itu menjalankan pekerjaaanya. Kedua plugin itu adalah Wordfence dan Litespeed. Agak ironis memang, Litespeed yang diharapkan dapat mempercepat akses blog dan meringankan kerja server justru tingkah lakunya sebaliknya. Demikian pula dengan Wordfence sebagai plugin keamanan WordPress.

Setelah menghapus kedua plugin itu, untuk sisi kecepatan (cache) dan keamanan, saya memasrahkan diri pada Cloudflare. Selama ini sih, belum menemukan masalah berarti saat saya menggunakan fitur keamanan dan kecepatan dari Cloudflare.

Dan mulai hari ini, blogdokter.net bisa diakses kembali dengan normal. Mudah mudahan tidak ada lagi cobaan terhadap blog ini. Dan akhir kata, semoga blog ini tetap bisa memberikan manfaat bagi pembacanya.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.