Mengenal Perdarahan Pada Otak

tips pasutri

tips pasutri

Perdarahan otak adalah perdarahan yang terjadi di dalam otak. Perdarahan otak sendiri dalam dunia medis dikenal dengan istilah cerebral hemorrhage.

Menurut lokasinya, perdarahan otak bisa terjadi di dalam otak (intracerebral hemorrhage), di antara otak dan selaput membran yang melapisi otak (subdural hemorrhage), di antara selaput yang memisahkan otak (subarachnoid hemorrhage) dan antara otak dengan tulang tengkorak (epidural hemorrhage).

Penyebab perdarahan otak sangat beragam. Penyebab tersering adalah benturan pada kepala saat terjadinya kecelakaan lalu lintas atau kecelakaan yang lain. Penyebab lainnya yang kasusnya mulai meningkat adalah stroke, pecahnya aneurisma (anyaman pembuluh darah) pada otak. Penyebab perdarahan otak lainnya adalah tumor dan gangguan pembekuan darah (hemophilia).

Baca juga: Mengenal Secara Singkat Tentang Tumor Otak Pada Anak

Tanda dan gejala yang muncul saat terjadinya perdarahan otak sangat terggantung dari lokasi perdarahan atau bagian otak yang terdampak oleh perdarahan dan parahnya perdarahan yang terjadi. Makin besar atau makin banyak darah yang keluar maka keluhan yang terjadi biasanya akan makin berat.

Perdarahan otak termasuk kegawatdaruratan medis yang sangat mengancam nyawa. Itu sebabnya penanganan perdarahan otak harus dilakukan di rumah sakit. Penanganan tersebut bisa berupa operasi pengeluaran darah, obat obatan dan kombinasi keduanya.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.