Berlama Lama Di Sauna Dapat Menurunkan Risiko Stroke. Benarkah?

Bagi kamu yang suka berpanas panas di dalam sauna, ada berita baik nih. Menurut studi terbaru, mereka yang senang berlama lama di dalam sauna memiliki risiko menderita stroke yang rendah. Penurunan risiko ini terutama terjadi pada mereka yang telah berusia dewasa lanjut.

Baca juga: Inilah Tanda Tanda Awal Stroke

Demikian kurang lebih kesimpulan dari sebuah studi yang dilakukan di Finlandia. Studi yang diikuti oleh lebih dari 1.600 partisipan yang berusia dewasa lanjut ini menemukan, mereka yang rutin ke sauna sedikitnya empat kali seminggu memiliki penurunan risiko stroke sampai 60% dalam 15 tahun ke depan, dibandingkan dengan mereka yang ke sauna kurang dari sekali seminggu.

Sebagaimana diketahui, Finlandia adalah salah satu negara yang penduduknya gemar ke sauna. Di negara tersebut banyak bertebaran tempat sauna tradisional yang dilengkapi dengan bilik bilik kecil berpemanas kering dengan suhu sampai 160 derajat Fahrenheit. Mandi sauna bahkan menjadi salah satu budaya bagi masyarakat Finlandia, mereka mandi sauna sedikitnya sekali dalam seminggu.

Meksipun belum bisa membandingkan manfaat mandi sauna dengan terapi panas berupa berendam di bak air panas, hasil studi ini setidaknya membuktikan bahwa sauna tradisional memiliki manfaat bagi sistem kardiovaskuler tubuh manusia.

Sebelumnya telah dibuktikan bahwa mereka yang rutin pergi ke sauna memiliki risiko menderita penyakit jantung dan demensia yang rendah. Terdapat juga bukti bahwa rutin berpanas panas di dalam sauna dapat menurunkan tekanan darah dan membuat pembuluh darah terjaga elastisitasnya.

Nah, hasil hasil studi sebelumnya tersebut mungkin ada hubungannya dengan penurunan risiko stroke yang dibuktikan oleh studi terbaru dari Finlandia.

Meskipun memiliki manfaat bagi sistem kardiovaskuler, para ahli tetap menyarankan agar mereka yang telah memiliki gangguan kardiovaskuler untuk berhati hati mengunjungi sauna. Cobalah berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mandi sauna.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Stroke

Selain itu, mereka yang memiliki kecenderungan menderita tekanan darah rendah juga harus berhati hati saat memanaskan diri ke sauna. Pemanasan dapat menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Nah, bagi kamu yang tidak memiliki masalah kesehatan, silakan berendam dan mandi sauna lalu rasakan manfaatnya.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.