Ini Jumlah Duit Yang Disumbang Bill Gates Untuk Pengembangan Vaksin Flu

Virus flu masih menjadi salah satu penyebab penyakit infeksi yang paling banyak penderitanya di dunia. Meskipun vaksin flu sudah tersedia sejak lama, penyakit flu masih tetap merajalela karena perkembangan vaksin flu tidak sebanding dengan kecepatan mutasi virus flu dalam membentuk virus flu jenis baru. Sebagaimana diketahui, vaksin flu hanya bekerja untuk virus flu jenis tertentu yang sangat spesifik, sehingga bila struktur virus flu berubah maka vaksin tersebut tidak akan efektif lagi.

Baca juga: Apakah Vitamin C Bermanfaat Untuk Melawan Flu?

Untuk menjawab tantangan tersebut, para ahli sampai saat ini masih terus mengembangkan vaksin flu universal yang diharapkan dapat mencegah infeksi dari berbagai macam jenis virus flu. Tentu saja, proyek pengembangan virus flu universal ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untunglah dunia masih memiliki dua orang milioner yang tergerak hatinya untuk membantu mengembangkan virus flu universal.

Dua orang milioner tersebut adalah co-founder Microsoft, Bill Gates dan co-founder Google, Larry Page. Keduanya menyumbangkan total $12 juta USD untuk membantu pengembangan virus flu universal. Total dana tersebut kemudian dibagi dua, yakni $2 juta USD saat proyek vaksin flu universal melakukan percobaan pada binatang dan $10 juta USD saat proyek vaksin flu universal dicoba pada manusia.

Dana yang diberikan itu bukannya tanpa syarat, Bill Gates mengharuskan vaksin flu universal sudah bisa digunakan pada manusia saat memasuki tahun 2021. Artinya, para peneliti vaksin flu universal harus bisa bergerak cepat jika tidak ingin melewatkan peluang ini.

Bill Gates sendiri mengakui, dana $12 juta USD terbilang sangat kecil untuk pengembangan sebuah vaksin. Dibutuhkan dana sekitar $1 Milyar USD agar sebuah vaksin bisa digunakan pada manusia. Namun demikian, Bill Gates menegaskan dana $12 juta USD yang dia berikan bersama Larry Page merupakan sebuah permulaan. Artinya, nanti akan ada tambahan dana bila pengembangan vaksin flu universal berjalan sesuai dengan harapan.

Baca juga: Influenza

Nada optimis yang disampaikan oleh Gates dan Pages disambut sekptis oleh kalangan medis. Menurut Dr. Anthony Fauci, Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, Amerika Serikat, vaksin flu universal itu sangat tidak mungkin untuk diproduksi.

loading...

loading...