Ini Bahayanya Polusi Udara Bagi Wanita Yang Sedang Program Hamil

tips pasutri

tips pasutri

Polusi udara ternyata tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan manusia secara keseluruhan tetapi juga bagi wanita yang sedang program hamil. Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti dari Korea Selatan, paparan polusi udara berkonsentrasi tinggi dapat menurunkan angka keberhasilan wanita yang sedang melakukan program hamil.

Baca juga: Memasak dan Polusi

Hasil studi ini berdasarkan data yang diperoleh dari analisa angka kehamilan pada lebih dari 6.600 wanita yang menjalani program hamil dengan bayi tabung atau IVF. Hasilnya, terjadi penurunan angka konsepsi dan peningkatan kemungkinan keguguran pada wanita yang berada di daerah dengan tingkat polusi udara diatas 5.

Menurut Dr. Seung-Ah Choe dari School of Medicine, CHA University dan the CHA fertility clinic, Seoul, meskipun studi ini tidak berhasil mengungkap mekanisme penurunan angka konsepsi dan peningkatan angka keguguran pada wanita yang melaksanakan program bayi tabung secara spesifik, tetapi polusi udara bisa jadi juga ada pengaruhnya pada pasangan pasangan yang kesulitan memperoleh keturunan.

Pendapat itu itu muncul karena pada studi sebelumnya, polusi udara berkonsentrasi tinggi dari hasil pembakaran bahan bakar fosil atau kayu memiliki hubungan yang erat dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, inflamasi dan ketidaksuburan.

Baca juga: 1,7 Juta Anak Anak Meninggal Dunia Setiap Tahun Karena Polusi

Sayangnya, studi ini memiliki beberapa kelemahan, diantaranya, tidak dimasukannya paparan lain seperti asap rokok pada wanita wanita yang menjadi partisipan. Analisa data juga mengandung banyak kelemahan sehingga tidak bisa memastikan apakah polusi udara memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap keberhasilan program bayi tabung.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.