Mengenal Palitoksin

tips pasutri

tips pasutri

Palitoksin adalah racun yang sangat mematikan pada manusia bila dimakan, dihirup atau masuk melalui kontak dengan kulit. Palitoksin dapat membunuh manusia dengan sangat cepat akibat dari kerusakan beberapa organ yang ada di dalam tubuh manusia. Salah satu tanda dari keracunan palitoksin adalah gangguan sistem pernafasan yang sangat berat.

Palitoksin sendiri dihasilkan oleh spesies hewan laut yang berbentuk koral. Manusia yang terpapar racun ini umumnya setelah mengonsumsi makanan laut atau setelah membersihkan akuarium air laut. Salah satu contoh yang keracunan yang sering terjadi adalah saat memindahkan karang yang ada di akuarium. Pemindahan karang ini menyebabkan palitoksin terlepas ke udara dan terhirup.

Penanganan dari korban keracunan palitoksin adalah dengan memberikan antiracun untuk mencegah penyebaran racun lebih jauh dan memberikan obat sesuai dengan gejala yang dialami pasien.

Baca juga: Sekilas Keracunan Makanan

Segera ke dokter bila merasa ada keluhan pada pernafasan atau organ lain setelah mengonsumsi makanan laut atau setelah membersihkan akuarium air laut.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.