Mari Berkenalan Dengan Kutu Kelamin Atau Kutu Pubis

Apa sih kutu kelamin itu?

Kutu kelamin atau kutu pubis adalah serangga kecil (kutu) yang umumnya hidup pada rambut kelamin manusia. Pada beberapa kasus, kutu pubis juga bisa ditemukan pada rambut tubuh yang lain seperti rambut pada kaki, ketiak, jenggot, kumis, alis dan bulu mata.

Baca juga: Miss V Berbau Kurang Sedap? Silakan Baca Penyebabnya

Kutu pubis adalah parasit pada manusia. Mereka menghisap darah manusia untuk bisa bertahan hidup. Kutu pubis merupakan salah satu dari tiga jenis kutu yang menjadi parasit pada manusia. Jenis kutu yang lain adalah kutu rambut kepala dan kutu tubuh. Ketiga jenis kutu ini berasal dari spesies yang berbeda sehingga memiliki salah satu kutu belum tentu pada tubuh terdapat jenis kutu yang lain.

Apa saja gejala yang bisa ditimbulkan oleh kutu kelamin?

Gejala utama dari kutu pubis adalah rasa gatal yang luar biasa pada area kelamin. Bila diperhatikan, penderita kutu pubis bisa melihat adanya kutu atau telur kutu pada rambut kelamin.

Bagaimana penularan kutu kelamin?

Kutu kelamin bergerak dengan cara merayap pada rambut kelamin karena mereka tidak bisa terbang atau melompat. Penularan umumnya melalui kontak seksual. Selain itu, penularan juga bisa melalui kontak fisik, tukar tukaran pakaian, sprei dan handuk dengan penderita kutu pubis. Manusia tidak bisa mendapatkan kutu kelamin dari hewan.

Siapa saja yang bisa menderita kutu kelamin?

Karena penularannya kebanyakan melalui kontak seksual maka kutu pubis kerap diderita oleh orang dewasa.

Bagaimana caranya tahu sedang menderita kutu kelamin?

Diagnosis kutu pubis umumnya dengan melihat langsung adanya kutu atau telur kutu pada kelamin. Kutunya sendiri agak sulit dilihat dengan mata telanjang dan memerlukan kaca pembesar untuk melihatnya. Kutu pubis biasanya betah berada di satu helai rambut sebab mereka tidak bisa bergerak selincah kutu rambut kepala.

Baca juga: 9 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menyebabkan Infeksi Saluran Kemih

Bagaimana mengobati kutu kelamin?

Pengobatan utama kutu pubis adalah menggunakan lotion pembunuh kutu yang mengandung permethrin atau pyerthrins dan piperonyl butoxide. Lotion anti kutu pubis ini bisa didapat di apotek tanpa perlu resep dokter. Dengan pengobatan yang teratur, kutu pubis biasanya akan lenyap dalam 9 sampai 10 hari. Opsi pemberantasan kutu pubis yang lain adalah dengan mencukur habis rambut kelamin.

loading...

loading...