ASI Dapat Mencegah Kegemukan Pada Anak Anak

tips pasutri

tips pasutri

Selama ini ada yang menganggap, bayi yang berat badannya di atas normal saat lahir berisiko mengalami kegemukan saat mereka memasuki usia anak anak. Anggapan ini ternyata tidak sepenuhnya salah, beberapa studi membuktikan, anak anak yang mengalami kegemukan ternyata berhubungan dengan berat yang  di atas normal saat lahir.

Menurut studi terbaru yang dilakukan di Korea Selatan, kegemukan yang terjadi pada anak anak yang memiliki riwayat kelahiran dengan berat badan di atas normal, ternyata dapat dicegah dengan pemberian air susu ibu atau ASI.

Baca juga: Kegemukan Dan Penyakit Yang Mengintai

Menurut pimpinan studi, Hae Soon Kim, M.D dari Ewha Womans University College of Medicine, Seoul, pemberian ASI eksklusif mampu melindungi anak anak dari kegemukan, terutama pada anak anak yang saat lahir memiliki berat badan di atas normal.

Kegemukan yang dialami oleh anak anak yang saat lahir memiliki berat badan di atas normal umumnya terjadi saat mereka memasuki usia 6 tahun. Sebaliknya kegemukan pada usia ini, jarang dialami oleh anak anak yang saat lahir memiliki berat badan yang normal. Nah, risiko kegemukan inilah yang secara signifikan mengalami penurunan saat bayi diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan.

Dengan menggunakan metode studi cohort, Kim bersama dengan tim peneliti dari Ewha Womans University College of Medicine, Seoul, melakukan analisa data anak anak yang mengalami kegemukan antara tanggal 1 Januari 2008 sampai dengan 31 Desember 2016. Data tersebut diambil dari database informasi kesehatan masyarakat Korea.

Setelah melakukan pemilahan data, akhirnya terpilih 30.039 partisipan yang dilibatkan dalam studi ini. Mereka kemudian diikuti dan dicatat perkembangan berat badannya, termasuk riwayat mendapatkan ASI.

Kesimpulannya, anak anak yang diberikan ASI eksklusif mendapatkan perlindungan yang optimal dari kegemukan, meskipun mereka memiliki riwayat berat badan yang di atas normal saat lahir.

Baca juga: Minum Air Putih Menyebabkan Kegemukan?

Sebagaimana diketahui, kegemukan pada anak merupakan masalah kesehatan yang mulai menghantui dunia. Jumlah mereka mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan penyebarannya di seluruh dunia mulai merata. Bila tidak segera diatasi, kegemukan pada anak berisiko menyebabkan masalah kesehatan yang serius di masa yang akan datang.

fiforlif kolesterol

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...
loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.