Ini Alasan Kenapa Medical Check-Up Sangatlah Penting!!

tips pasutri

tips pasutri

Kita semua pasti ingin memiliki hidup yang sehat dan terhindar dari banyak penyakit. Ketika sakit, kita harus merelakan banyak hal terlewatkan oleh kita. Maka dari itu, banyak orang menyebutkan bahwa kesehatan adalah hal yang mahal. Oleh karena itu, kita harus mulai peduli dengan kesehatan tubuh kita,

Peribahasa menyebutkan bahwa “ Mencegah lebih baik dari pada mengobati “. Hal ini juga berlaku untuk kesehatan kita. Akan lebih baik jika kita melakukan langkah – langkah pencegahan daripada harus mengobati suatu penyakit. Salah satu langkah pencegahan yang sangat efektif  adalah dengan rutin melakukan Medical Check up ke rumah sakit atau dokter pilihan anda.

Penyakit akan semakin mudah untuk di tangani bila kita mengetahui adanya penyakit itu sesegera mungkin. Dengan begitu, penyakit yang ada di dalam tubuh kita tidak akan memasuki tahap parah dan menyebar keseluruh tubuh. Jika penyakit sudah menyebar keseluruh tubuh, pastinya pertokingan yang di butuhkan pun akan semakin rumit dan akan semakin memakan biaya yang banyak.

Baca juga: Wasapadai Jamur Kuku!!

Medical Check Up umumnya di lakukan oleh seorang lanjut usia. Namun pada kenyataannya, semua orang baik masih muda atau sudah lanjut usia, laki – laki atau perempuan, perlu melakukan Medical Check Up secara rutin. Khususnya untuk memeriksakan tingkat kesehatan serta memeriksan adanya penyakit serius yang belum menimbulkan gejala agar dapat segera di beri penanganan.

Ketika akan melakukan Medical Check Up, kami sarankan anda memeriksa beberapa hal penting berikut ini.

1. Gula Darah

Tes ini disarankan untuk anda yang berusia 45 tahun keatas. Setidaknya setiap 3 tahun sekali, anda harus memeriksakan gula darah anda. Namun, jika anda memeliki resiko terkena diabetes, anda harus memeriksakan kondisi gula darah anda lebih sering setiap tahunnya.

Selain itu, anda juga harus memerikasan gula darah anda bila anda mengalami beberapa gejala seperti berikut ini :

– Sering kesemutan pada tangan dan kaki

– Sering buang air kecil

– Berat badan menurun drastic tanpa penyebab yang jelas

– Sering merasa haus dan lapar

Anda disarankan untuk menjalankan puasa selama 8 jam sebelum melakukan tes gula darah. Tingkat gula darah yang normal akan menunjukan angka 70 – 100 mg/dL. Sedangkan untuk orang yang mengalami Pra diabetes, akan menunjukan angka 100 – 125 mg/dL. Bila hasil tes gula darah anda melebihi angka 125 mg/dL, maka anda terindikasi diabetes.

2. Berat Badan

Body Mass Index ( BMI ) atau Indeks Massa Tubuh yang tidak normal dapat mengundang banyak penyakit mematikan. Resiko penyakit stroke, diabetes tipe 2, hipertensi, kanker, dan penyakit jantung dapat meningkat akibat dari kegemukan. Sedangkan bila terlalu kurus, dapat menyebabkan lemahnya system kekebalan tubuh, meningkatkan resiko anemia dan osteoporosis. Dengan begitu, pengecekan berat badan cukup penting untuk dilakukan. Anda disarankan untuk memeriksakan kondisi berat badan anda minimal satu kali dalam 2 tahun untuk orang dibawah usia 60 tahun dan satu kali dalam setahun untuk orang dengan usia 60 keatas.

3. Tekanan Darah

Tekanan darah juga sangat penting untuk di periksakan kondisinya. Karena bila terlalu tinggi, tekanan darah dapat menyebabkan hipertensi yang dapat menyebabkan kematian mendadak tanpa adanya gejala yang jelas. Sedangkan bila terlalu rendah, dapat menyebabkan hipotensi yang mengakibatkan pingsan secara berlebihan.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

Wahyu Setiawan

Reach the world, with the word.