6 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Payudara Tidak Mudah Kendor

tips pasutri

Adalah normal bagi payudara seorang wanita mengalami perubahan bentuk seiring dengan perubahan kondisi fisik dan bertambahnya usia. Saat hamil dan menyusui, payudara akan membesar disertai dengan meregangnya kulit di sekitar payudara. Setelah masa menyusui berakhir, payudara akan kembali mengecil dan kadang tampak lebih kendor bila dibandingkan dengan saat sebelum hamil.

Ukuran payudara juga dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Makin besar ukuran payudara maka beban gravitasi akan makin meningkat sehingga payudara menjadi lebih cepat kendor. Lembek dan kendornya payudara juga terjadi pasca menopause, yang mana saat itu produksi hormon estrogen mengalami penurunan.

Mungkin kamu tidak bisa melawan bertambahnya usia dan beban gravitasi, tetapi ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperlambat proses mengendornya payudara. Beberapa hal tersebut diantaranya:

Baca juga: Benarkah Hisap Payudara Menyehatkan?

Olahraga

Payudara berada di atas otot pectoral yang menyelimuti rongga dada bagian depan. Otot pectoral merupakan otot penting yang melayani kedua tangan agar kuat dan berfungsi dengan baik. Olahraga penguatan otot ini memang tidak akan mengubah struktur payudara yang terdiri dari jaringan lemak dan kelenjar susu, tetapi olahraga bermanfaat untuk mengencangkan jaringan ikat di sekitar payudara sehingga penampakan payudara bisa lebih baik alias tidak tampak kendor.

Makan makanan bergizi

Meskipun tidak ada penelitian yang mampu membuktikan adanya hubungan antara makanan dengan kendornya payudara, tetapi banyak ahli yang percaya, wanita yang rajin mengonsumsi makanan yang kaya dengan antioksidan seperti buah buahan dan sayur sayuran akan memiliki kulit yang lebih sehat dan kencang, termasuk kulit pada payudara. Selain itu, minum yang cukup juga dapat menjaga elastisitas kulit di sekitar payudara.

Memakai bra

Banyak yang menganggap, memakai bra dapat mencegah terjadinya peregangan pada ligamen yang memegang payudara sehingga payudara tidak kendor. Namun, pendapat yang berbeda diungkapkan dalam sebuah studi. Menurut studi yang dilakukan di Perancis pada tahun 2013, memakai bra justru akan mempercepat kendornya payudara akibat dari melemahnya jaringan ikat payudara.

Uppss, jangan buru buru melepas bra karena studi yang dilakukan di Perancis itu masih merupakan studi pendahuluan sehingga memerlukan studi lanjutan untuk menguatkan hasil studinya. Faktanya di kehidupan sehari hari, memakai bra dapat memperbaiki penampilan payudara sehingga pemakainya bisa lebih percaya diri.

Posisi tidur

Posisi tidur yang miring lama kelamaan dapat mengendorkan payudara. Mengapa? Saat tidur miring, legamen yang memegang payudara akan tertarik ke satu sisi sehingga lama lama akan kendor. Agar kekencangan payudara terjaga maka dianjurkan untuk tidur dalam posisi terlentang sehingga beban payudara akan jatuh ke dada.

Berjemur

Salah satu penyebab buruknya penampakan payudara adalah kerusakan kulit payudara yang disebabkan oleh radikal bebas. Salah satu sumber alami dari radikal bebas adalah sinar matahari. Menjemur payudara dalam jangka waktu yang lama dapat merusak lapisan elastin pada kulit sehingga kulit payudara menjadi keriput dan kendor.

Baca juga: Ini Dia Penyebab Payudara Kendor

Merokok

Salah satu dampak negatif rokok bagi wanita adalah membuat payudara kendor. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Aesthetic Surgery Journal, mengendornya payudara pada wanita perokok, mirip seperti mengendornya payudara pada wanita pasca kehamilan. Merokok juga dapat merusak lapisan kolagen pada kulit sehingga payudara menjadi kendor.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.