Kesehatan Mulut Yang Buruk Dapat Meningkatkan Risiko Diabetes

tips pasutri

tips pasutri

Bila kamu termasuk orang yang malas merawat kesehatan mulut, mungkin kamu harus mempertimbangkan kemalasanmu itu agar kamu terhindar dari penyakit diabetes melitus. Menurut studi terbaru, buruknya kesehatan mulut seseorang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit diabetes. Para peneliti menemukan hubungan yang positif antara tanggalnya gigi dengan gangguan intoleransi glukosa.

Bila pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa penyakit diabetes menyebabkan terjadinya masalah pada kesehatan mulut seperti penyakit gusi dan gigi berlubang, pada penelitian kali ini, masalah kesehatan mulut bisa menjadi titik awal terjadinya penyakit diabetes. Oleh karena itu, peneliti dari City of Hope National Medical Center, menyarankan pemeriksaan gigi menjadi salah satu standar diagnostik untuk mengetahui faktor risiko terjadinya penyakit diabetes.

Baca juga: Waspadai 5 Dampak Diabetes Bagi Tubuh Anda!

Diabetes sendiri adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Diabetes saat ini menjadi masalah kesehatan dunia karena jumlah penderitanya yang sangat banyak dan meningkat setiap tahunnya. Kebanyakan penderita diabetes tidak mengetahui dirinya menderita diabetes karena pada awal awal terjadinya, penyakit diabetes tidak menunjukan gejala yang berarti.

Pada penelitian kali ini, tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Raynald Samoa, melakukan analisa data terhadap 9.670 responden yang berusia 20 tahun ke atas. Para peneliti melakuan pengukuran indeks massa tubuh dan kondisi kadar gula darah pada masing masing responden. Mereka juga mencatat kondisi kesehatan mulut para responden, seperti jumlah gigi yang tanggal, adanya lubang pada gigi termasuk penyakit gusi, serta adanya infeksi pada struktur di sekitar gigi.

Baca juga: Tips Menu Sarapan Pagi Sehat Bagi Pengidap Diabetes

Setelah melakukan pengendalian faktor risiko lain seperti usia, jenis kelamin, ras, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol serta kemampuan sosial ekonomi, para peneliti memperoleh kesimpulan, terjadinya peningkatan tanggalnya gigi pada mereka yang kondisi kadar gula darahnya buruk.

fiforlif kolesterol

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...
loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.