WHO Memasukan Penyakit Ini Ke Dalam Daftar ‘Disease X’

tips pasutri

Organisasi kesehatan dunia (WHO) saat ini sedang memasukan berbagai penyakit patogen yang berpotensi menyebabkan wabah mematikan ke dalam daftar yang disebut dengan istilah ‘disease X’. Diharapkan daftar penyakit ini bisa diselesaikan menjelang akhir tahun 2018.

Tujuan pembuatan daftar ini adalah untuk menginspirasi para ilmuwan agar lebih intens melakukan penelitian terhadap berbagai macam penyakit yang telah dikenal selama ini dan penyakit penyakit yang masih menjadi misteri. Sumber penyakit itu bisa berasal dari proses mutasi dari penyakit yang telah dikenal selama ini, penyakit yang berasal dari peningkatan interaksi antara manusia dan hewan atau penyakit akibat dari aksi terorisme.

Setiap tahun WHO mengidentifikasi beberapa penyakit yang belum bisa diobati dengan baik. Penyakit penyakit ini bila mengenai suatu komunitas berisiko menyebabkan epidemi.

Baca juga: 8 Penyakit Mengerikan Bagi yang Memiliki Berat Badan Berlebih

Sejarah mencatat, beberapa kali umat manusia kecolongan dalam mengantisipasi wabah mematikan. Dengan persiapan yang lebih matang, ke depannya diharapkan kejadian yang serupa tidak terulang lagi. Persiapan tersebut antara lain dengan penyedian vaksin dan alat pemeriksaan yang lebih fleksibel. Artinya, vaksin dan alat pemeriksaan itu bisa digunakan dengan cepat sehingga bisa mencegah meluasnya suatau epidemi.

Beberapa penyakit patohen yang mendapatkan prioritas masuk daftar tahun ini adalah demam berdarah Crimean-Congo, Ebola dan virus Marburg, demam Lassa, Middle East respiratory syndrome (MERS), coronavirus, severe acute respiratory syndrome (SARS), penyakit Nipah dan henipavirus, demam Rift Valley dan Zika.

Daftar ini dibuat oleh tim ilmuwan global yang terdiri dari para saintis, ahli kedokteran dan orang orang yang berperanan sebagai regulator. Daftar ini kemudian disebarluaskan ke masing masing negara anggota WHO untuk diaplikasikan dalam suatu kebijakan.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.