Sindrom Swyer

Sindrom swyer adalah kelainan genetik yang ditandai dengan gangguan pada pembentukan dan perkembangan alat kelamin. Orang dengan sindrom swyer memiliki kromosom 46X, Y (kromosom Y biasanya ditemukan normal pada laki laki), tetapi dalam perkembangannya, pertumbuhan organ seksual perempuan justru yang dominan. Artinya, meskipun memiliki kromosom Y, orang dengan sindrom swyer tumbuh dan berkembang seperti perempuan.

Orang dengan sindrom swyer memiliki alat kelamin perempuan baik alat kelamin yang tampak dari luar (eksternal) dan alat kelamin yang ada di dalam tubuh (internal) seperti rahim dan tuba falopii. Namun, mereka tidak memiliki indung telur (ovarium) yang dapat menghasilkan sel telur yang normal.

Baca juga: Kallmann Syndrome

Orang dengan sindrom swyer umumnya akan tumbuh dan berkembang sebagai seorang perempuan. Karena ovariumnya tidak berfungsi dengan baik, mereka biasanya memerlukan terapi hormon saat memasuki usia remaja untuk mencetuskan siklus menstruasi. Terapi hormon juga bermanfaat untuk perkembangan alat kelamin sekunder perempuan seperti membesarnya payudara dan rahim.

Orang dengan sindrom swyer memerlukan operasi pengangkatan jaringan ovarium yang tidak berkembang karena jaringan ini berisiko berubah menjadi kanker.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang suka ngeblog dan berteman