Cara Mengatasi Kencing Terus Menerus Pada Wanita

Cara mengatasi kencing terus menerus pada wanita – Masalah kencing terus menerus ini memanglah menjadi masalah yang sangat menggangu bagi yang mengalaminya dan bahkan bisa berbahaya bilamana terlalu sering mengalaminya,maka dari itu saya disini akan membahas mengenai masalah buang air kecil secara terus menerus ini.

Bagaimana cara mengatasi kencing terus menerus pada wanita

Lalu apakah ada cara untuk mengatasi dan mengobati kencing terus menerus ini dengan cara yang cepat ? nah banyak sekali yang bertanya demikian,sebenarnya banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau mengatasi masalah ini agar tidak mengganggu kenyamanan kita nantinya.

Tetapi sebelum kita menuju ke cara mengatasinya kita harus tau dulu, Apa sih yang menyebabkan kencing terus menerus ini yang terkadang keluarnya sedikit-sedikit dan terasa sakit yang membuat kita menjadi mondar mandir ke kamar mandi. Anyang – Anyangan dan ISK (infeksi saluran kencing ) adalah hal yang paling sering menyebabkan munculnya kondisi tersebut.

Infeksi Saluran Kemih / Kencing (ISK)

ISK atau Infeksi saluran kemih / kencing adalah infeksi bakteri yang mengenai bagian dari saluran kemih / saluran kencing. Ketika mengenai saluran kemih bawah dinamai sistitis (infeksi kandung kemih) sederhana, dan ketika mengenai saluran kemih atas dinamai pielonefritis (infeksi ginjal). Gejala dari saluran kemih bawah meliputi buang air kecil terasa sakit dan sering buang air kecil atau desakan untuk buang air kecil (atau keduanya).

Sementara gejala pielonefritis meliputi demam dan nyeri panggul di samping gejala ISK bawah. Pada orang lanjut usia dan anak kecil, gejalanya bisa jadi samar atau tidak spesifik. Kuman tersering penyebab kedua tipe tersebut adalah Escherichia coli, tetapi bakteri lain, virus, maupun jamur dapat menjadi penyebab meskipun jarang. Cara mengatasi kencing terus menerus pada wanita

Infeksi saluran kemih / kencing lebih sering terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki, dengan separuh perempuan mengalami setidaknya satu kali infeksi selama hidupnya. Kekambuhan juga sering terjadi. Faktor risikonya antara anatomi perempuan, hubungan seksual, dan riwayat keluarga. Pielonefritis, bila terjadi, biasanya ditemukan setelah infeksi kandung kemih namun juga dapat diakibatkan oleh infeksi yang ditularkan melalui darah.

Diagnosis pada perempuan muda yang sehat dapat didasarkan pada gejalanya saja. Pada orang dengan gejala yang samar, diagnosis mungkin sulit karena bakteri mungkin ditemukan tanpa menyebabkan infeksi. Pada kasus yang kompleks atau apabila pengobatan gagal, kultur urin mungkin dapat bermanfaat. Pada orang yang sering mengalami infeksi, antibiotik dosis rendah dapat dikonsumsi sebagai langkah pencegahan.

Cara mengatasi kencing terus menerus pada wanita – Dalam kasus yang tidak kompleks, infeksi saluran kemih mudah diobati dengan antibiotik jangka pendek, walaupun resistensi terhadap banyak antibiotik yang digunakan untuk mengobati kondisi ini cenderung meningkat.

Dalam kasus yang kompleks, antibiotik dalam jangka waktu lebih panjang atau intravena mungkin diperlukan, dan bila gejala belum membaik dalam dua atau tiga hari, diperlukan pemeriksaan diagnostik lebih lanjut. Pada perempuan, infeksi saluran kemih / kencing adalah infeksi bakteri yang paling sering ditemukan, yaitu 10% mengalami infeksi saluran kencing / kemih setiap tahun.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Infeksi_saluran_kemih

Beberapa Gejala Infeksi Saluran Kencing / Kemih (ISK)

Tanda dan Gejala ISK tergantung pada bagian saluran kencing / kemih yang terinfeksi.

Tanda atau Gejala Infeksi Saluran Kencing / Kemih bagian Bawah

ISK bagian bawah yaitu infeksi pada uretra dan kandung kemih. Gejala yang ditimbulkannya antara lain:

  • Rasa panas atau nyeri saat kencing
  • Terasa ingin kencing terus tapi keluarnya hanya sedikit-sedikit (anyang-anyangan)
  • Air kencing (urin) berdarah
  • Urin keruh Urin bau menyengat
  • Nyeri di bawah pusar
  • Nyeri di daerah rectum

Tanda atau Gejala Infeksi Saluran Kemih / Kencing Bagian Atas

ISK ( infeksi saluran kencing ) bagian atas yaitu infeksi pada ginjal. Hal ini berpotensi mengancam kehidupan, karena jika bakteri bergerak dari ginjal menuju ke peredaran darah, maka bisa terjadi sepsis yang dapat menyebabkan tekanan darah menjadi sangat rendah, syok, dan kematian.

  • Gejala ISK bagian atas meliputi:
  • Rasa sakit dan nyeri di punggung atas dan samping
  • Demam
  • Menggigil
  • Mual
  • Muntah

Cara mengatasi kencing terus menerus pada wanita – Wanita yang sedang hamil dan mengalami gejala ISK harus segera periksa ke dokter. Karena ISK selama kehamilan dapat menyebabkan persalinan prematur dan tekanan darah tinggi. ISK selama kehamilan juga lebih mungkin untuk menyebar ke ginjal.

Sumber: Infeksi Saluran Kemih – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan – Mediskus

Pencegahan ISK

Berikut ini beberapa langkah sederhana yang dapat membantu mencegah Infeksi saluran kemih:

  • Cebok dengan menyeka dari depan ke belakang setelah buang air kecil atau buang air besar
  • Minum air putih yang banyak, 6 sampai 8 gelas
  • Minum air putih setelah berhubungan suami-istri
  • Jangan menahan kencing lama-lama
  • Hindari celana ketat
  • Mandi dengan air mengalir, jangan berendam di bak mandi

loading...

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *