Waspadai 5 Dampak Diabetes Bagi Tubuh Anda!

tips pasutri

tips pasutri

Penyakit diabetes masih menjadi penyakit mematikan terbesar no. 3 di Indonesia, data ini dinyatakan oleh Sample Registration Survey 2014. Dengan persentase terbesar ketiga setelah penyakit Jantung Koroner dan juga Stroke, yaitu sebesar 6,7 %.

International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan, bahwa jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 10 juta orang dan menempati urutan ketujuh tertinggi di dunia. Sedangkan, menurut situs resmi departemen kesehatan, depkes.go.id, bahwa ada 422 juta orang di dunia ini yang menderita diabetes.

Diabetes ini sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh naiknya kadar gula dalam darah, sehingga melebihi batas normalnya, hal ini terjadi karena adanya gangguan pada pankreas dan insulin. Dan ada beberapa faktor penyebab terjadinya gangguan pada pankreas dan insulin ini, diantaranya yaitu gaya hidup yang tidak sehat, merokok dan juga kurangnya olahraga.

Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa diabetes merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian terbesar no. 3 di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh diabetes jika didiamkan begitu saja dalam jangka waktu panjang bagi tubuh Anda adalah cukup berbahaya, bahkan bisa sampai menyebabkan kematian.

Berikut beberapa dampak diabetes bagi tubuh Anda :

1. Serangan Jantung dan Stroke

Pada penyakit diabetes kadar gula darah tinggi atau melebihi batas normalnya. Tingginya kadar gula darah ini menyebabkan timbulnya plak atau sumbatan pada pembuluh darah, yang mengakibatkan otot jantung kekurangan oksigen dan juga nutrisi. Hal ini akan berdampak pada kelelahan hingga kerusakan pada jantung yang menyebabkan timbulnya serangan jantung bahkan gagal jantung dan juga terjadinya penyumbatan aliran darah dan oksigen ke otak yang berujung pada penyakit stroke.

2. Retinopati Diabetik atau Kerusakan Pada Retina

Retinopati diabetik ini adalah suatu kondisi dimana terjadinya kerusakan pembuluh darah retina pada mata yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Retinopati diabetik ini dapat menyebabkan penglihatan Anda memburuk bahkan sampai terjadinya kebutaan.

Hal ini terjadi karena tingginya kadar gula darah menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah retina, sehingga pembuluh darah di retina tidak mendapatkan oksigen dan juga asupan nutrisi yang cukup, hal tersebutlah yang lama kelamaan akan membuat pembuluh darah pada retina melemah dan akhirnya rusak.

3. Kerusakan Sistem Saraf

Tingginya kadar gula dalam darah yang dibiarkan dalam jangka waktu lama akan berdampak pada rusaknya pembuluh darah pada tubuh. Kerusakan ini dapat terjadi pada sistem pencernaan, saluran kemih, tungkai, kaki dan alat vital pria yang barakibat cacat kaki dan disfungsi ereksi.

4. Penyakit Ginjal

Pada penderita diabetes, ginjal yang berfungsi sangat penting, yaitu untuk menyaring darah dalam tubuh manusia, tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Hal ini karena gula darah yang tinggi menyebabkan rusaknya jaringan pada ginjal yang berfungsi sebagai saringan. Jika hal tersebut dibiarkan, maka lama kelamaan akan menyebabkan timbulnya gagal ginjal, jika hal ini terjadi maka orang tersebut harus transplantasi atau cuci darah secara berkala.

5. Luka yang Tak Kunjung Sembuh

Penyumbatan pada pembuluh darah yang terjadi pada penderita diabetes ini menyebabkan kerusakan pada saraf dan tidak lancarnya aliran darah menuju ujung kaki. Sehingga hal ini menyebabkan sel darah putih sulit untuk mencapai jaringan, yang kemudian terjadi penurunan fungsi sel darah putih dalam melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Akhirnya luka menjadi sukar sembuh, bahkan menyebabkan pembusukan

Itulah 5 dampak dari penyakit diabetes pada tubuh. Tentunya Anda ingin agar penyakit ini tidak terjadi pada Anda, bukan ? 7 Langkah cerdas cegah diabetes ini dapat Anda lakukan, sebagai langkah jitu untuk mencegah terjadinya diabetes. Semoga bermanfaat!

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini: