Penyebab Tumbuh Kutil Seperti Kembang Kol Di Batang Penis

tips pasutri

Penyebab tumbuh kutil seperti kembang kol di batang penis – Penis merupakan salah satu bagia tubuh pada seorang pria yang selalu mendapat perhatian lebih. Layaknya seperti bagian tubuh lain, bagian ini juga dapat mengalami suatu gangguan kesehatan. Salah satu kondisi yang dapat muncul pada penis yaitu penyakit kutil kelamin atau kondiloma. Penyakit dengan ciri tumbuh kutil yang dapat menyerupai seperti kembang kol dapat tumbuh disemua bagian kemaluan termasuk daerah sekitarannya. Seperti pada bagian batang atau leher penis, dll. Apa itu penyakit kutil kelamin, berikut ulasannya. Sumber : http://www.obat-kutilkelamin.xyz/

Tumbuh kutil seperti kembang kol di batang penis

Tumbuh kutil seperti kembang kol di batang penis

Kutil Kelamin atau Kondiloma Akuminata

Kutil kelamin yaitu infeksi menular seksual. Yang ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan daging berukuran kecil di sekitar area kelamin atau dubur. Penyakit ini sangat tidak menyebabkan nyeri serta tidak membahayakan jiwa penderitanya. Walau demikian, penyakit ini menimbulkan stres akibat benjolan yang tidak sedap dipandang mata.

Tumbuh kutil seperti kembang kol di batang penis

Human papilloma virus (HPV) adalah penyebab kutil kelamin. Seseorang dapat terjangkit kutil kelamin melalui kontak antar kulit. Ketika dirinya melakukan hubungan seksual dengan orang lain yang sudah terinfeksi. Besarnya risiko tersebut adalah sebesar 66 persen. Karena itu kutil kelamin merupakan penyakit seksual yang cukup umum terjadi.

Penyebab Penyakit Kutil Kelamin

Penyakit kutil kelamin ini tidak langsung terjadi namun bisa tumbuh sekitar 2-3 bulan setelah melakukan hubungan seksual dengan orang yang mengidap penyakit kutil kelamin. Diakibatkan oleh virus HPV yang menyerang kulit kelamin dan bisa juga menyerang mulut karena seks oral. Orang-orang yang rentan terhadap penyakit kutil kelamin adalah mereka yang termasuk dalam golongan berikut ini:

  • Melakukan hubungan intim dengan banyak pasangan tanpa alat pengaman kondom.
  • Punya penyakit kelamin lainnya.
  • Berhubungan seksual dengan penderita penyakit kutil kelamin baik yang Anda ketahui ataupun tidak.
  • Aktif melakukan hubungan seksual pada usia muda.
  • Penyebab kutil kelamin ini bisa disebabkan oleh diri sendiri karena kurangnya higieni tubuh khususnya
    bagian intim, berikut beberapa penyebab penyakit kutil kelamin, misalnya:
  • Jarang mengganti celana dalam sehingga menyebabkan daerah intim menjadi lembap dan kotor.
  • Tidak pernah membersihkan daerah intim.
  • Tidak mengelap bagian organ vital setelah buang air kecil.
  • Tertular dari pasangan seperti yang telah disebutkan.

Tanda-tanda kutil kelamin diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Benjolan daging kecil di daerah genital
  • Pembengkakan berwarna abu-abu di daerah genital
  • Kelompok kutil muncul seperti kembang kol
  • Rasa tidak nyaman atau gatal umumnya terjadi di daerah genital
  • Perdarahan selama atau setelah berhubungan seks

Penyebaran condyloma acuminata bersifat kosmopolitan, artinya merambah ke seluruh belahan dunia tanpa memandang ras. Berdasarkan jenis kelamin, frekuensi kejadian antara pria dan wanita sama besarnya. Sedangkan berdasarkan kelompok umur disebutkan bahwa condyloma acuminata lebih sering dijumpai pada usia dewasa muda dan pada usia tigapuluhan. Hal ini dikaitkan dengan peningkatan aktifitas seksual.

Baca Juga : Benjolan kutil kasar di kepala penis dekat lubang kencing

Bagaimana cara mengenali penyakit Kutil kelamin ini ?

Masa inkubasi condyloma acuminata berkisar antara 3 minggu sampai 8 bulan dengan rata-rata 3 bulan. Condyloma acuminata relatif mudah dikenali karena bentuknya yang khas, mirip jengger ayam, yakni kutil dengan permukaan berlekuk-lekuk (berjonjot-jonjot) di organ kelamin dan sekitarnya. Kutil-kutil kecil dapat bergabung membentuk kelompok yang lebih besar mirip dengan bunga kol.

Pada umumnya condyloma acuminata berwarna kemerahan, coklat kemerahan, keabu-abuan hingga ada yang berwarna kehitaman. Jika mengalami infeksi sekunder (oleh garukan, gesekan atau sebab lain), condyloma acuminata berubah warna menjadi kehitaman, mudah berdarah dan berbau tak sedap.

Pada pria, tempat yang paling disukai (predileksi) Condyloma acuminata diantaranya: gland penis (topi baja si cucakrowo), lekukan antara kepala dan batang penis (sulkus koronarius), jaringan tipis di bawah ujung saluran kencing (frenulum), batang penis dan adakalanya di sekitar anus. Sedangkan pada wanita, tempat yang paling digemari si Condyloma acuminata diantaranya: labium (bibir vagina), vagina dan dapat juga mengenai serviks.

Baca Juga : Bintik Kutil Putih Seperti Kembang Kol Di Pinggir Kepala Penis

loading...

loading...