Jantung Lebih Sehat dengan Mengkonsumsi 6 Nutrisi Ini!

tips pasutri

tips pasutri

Jantung mempunyai peranan yang sangat vital bagi tubuh. Ia berfungsi untuk memompakan darah ke seluruh tubuh, menyalurkan oksigen ke seluruh pembuluh darah, member nutrisi ke semua organ tubuh serta menyaring racun dalam tubuh. Tidak terbayang jika jantung bermasalah sehingga seluruh kerja organ tubuh menjadi terganggu.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh jantung yang tidak sehat, seperti : Stroke, Serangan Jantung, Gagal Jantung, Angina dll.

Oleh karena itu, sudah sepatutnyalah bagi kita untuk selalu menjaga agar jantung tetap sehat dengan memenuhi kebutuhan nutrisi jantung. Berikut adalah  nutrisi terbaik untuk kesehatan jantung Anda :

Baca juga : 9 Penyebab Terlambat Haid

L-Carnitine

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan L-Carnitine membantu mentransformasi asam lemak dengan baik., yang berguna untuk membentuk energy dalam tubuh. Tidak hanya itu, L-Carnitine mampu membantu dalam proses pengubahan lemak dalam tubuh menjadi energy, dan beberapa penelitian juga menunjukkan, bahwa adanya hubungan antara L-Carnitine dengan kesehatan jantung. Beberapa contoh makanan yang mengandung L-Crarnitine yaitu daging, ikan, ayam serta susu.

Magnesium

Magnesium mempunyai peranan penting untuk kesehatan tubuh anda, terutama kesehatan jantung. Para peneliti menemukan adanya keterkaitan antara magnesium dengan  serangan jantung. Bahwa dengan meningkatkan jumlah magnesium dalam sirkulasi sebesar 0,2 micromoles/liter, mampu menurunkan resiko penyakit jantung pada seseorang sebesar 30%. Adapun makanan yang mengandung magnesium yaitu seperti, sayur sayuran hijau, biji-bijian, ikan, kacang, pisang dan kismis.

Serat

Makanan yang mengandung serat sangatlah penting bagi kesehatan  jantung. Itulah mengapa dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan mengandung serat. Serat dapat menahan nafsu makan sehingga dapat mengurangi Anda dalam mengkonsumsi kalori serta lemak jahat secara berlebihan. Konsumsi serat juga dapat memperbaiki gula darah dan kolesterol.

Makanan mengandung serat banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pada sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan juga pada biji-bijian.

Omega 3

Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk memelihara kesehatan jantung. Dilansir dari drjantung.com, bahwa omega 3 ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, mencegah peradangan pada tubuh yang jika terjadi peradangan tersebut dapat mengganggu aliran darah, sehingga dapat memperberat kerja jantung. Kemudian dapat mengurangi resiko penyumbatan dalam pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan  jantung.

Sumber omega 3 terbaik ini terdapat pada, ikan salmon, makarel, tuna sarden, hati, ikan Cod, kedelai dan walnut.

Coenzym Q10 (CoQ 10)

CoQ10 ini adalah anti oksidan alami dari tubuh untuk menghasilkan energy. Energy tersebut berperan dalam pertumbuhan serta pemeliharaan sel. CoQ10 ini menurut penelitian seorang doctor di University of Winsonsin berfungsi sebagai anti oksidan bagi jantung. Hasil penelitian juga menemukan pada penderita gagal jantung rata-rata cenderung memiliki kadar CoQ10 yang rendah.

Lemak Sehat

Studi klinis menunjukkan bahwa mengkonsumsi lemak sehat yang terdapat pada minyak zaitun,serta kacang-kacangan dan juga alpukat, mampu menurunkan resiko serangan jantung. Karena dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan mengatasi penggumpalan darah.

Jika jantung sehat maka akan mengurangi resiko terkena terkena berbagai penyakit-penyakit mematikan. Maka mulai sekarang sayangilah jantung Anda dengan mengkonsumsi nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini: