8 Penyakit Mengerikan Bagi yang Memiliki Berat Badan Berlebih

Nggak mau dong terkena berbagai penyakit mengerikan seperti yang akan disebutkan di bawah ini? Yuk turunkan berat badanmu sekarang juga!

Menurut WHO setidaknya ada 2,8 juta orang di dunia yang meninggal setiap tahunnya disebabkan karena berat badan yang berlebih. Jumlah orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih selalu meningkat setiap tahunnya. Yang peningkatan tersebut berkaitan erat dengan tingginya konsumsi karbohidrat, namun kurang dalam berolahraga.

Berat badan berlebih atau kegemukan yaitu suatu kondisi dimana tubuh mempunyai lemak berlebih. Yang mana pada kondisi normal lemak tersebut memiliki fungsi, yaitu sebagai pelindung tubuh dari trauma, pengatur suhu tubuh, cadangan energi, dan berbagai fungsi lainnya.

Seseorang dapat dikatakan mempunyai berat badan berlebih, yaitu dengan menghitungnya dengan rumus yaitu : Berat badan dalam kg dibagi dengan Tinggi Badan dalam meter dikuadratkan. Dan interpretasi dari nilai BMI adalah sebagai berikut :

25 – 29,9 : Pra Obese

30 – 34,9 : Obese Kelas I

35 – 39,9 : Obese Kelas II

Diatas 40 : Obese Kelas IV

Semakin tinggi nilai Anda dari hasil perhitungan rumus, maka semakin Anda beresiko terhadap penyakit penyakit di bawah ini :

1. Serangan Jantung

Penelitian menunjukkan, bahwa orang gemuk memiliki resiko tiga sampai empat kali lebih tinggi terkena serangan jantung. Dalam penelitian yang dilakukan dengan mengambil sampel darah, 1.172 orang berbadan kurus dan obesitas, bahwa ditemukan sel darah putih atau sel T berada cukup banyak pada orang gemuk. Sel – sel darah putih tersebut jika berada pada jumlah yang terlalu banyak akan menyebabkan radang yang memperburuk penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Semakin banyak lemak yang menumpuk, maka semakin tinggi terhadap resiko hipertensi. Karena hal tersebut dapat memperberat kerja jantung. Lemak yang menumpuk juga dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh daraharteri. Pembuluh darah menjadi kaku dan menyempit, yang akhirnya akan berdampak pada naiknya tekanan darah.

3. Diabetes Melitus

Insulin itu adalah hormon yang dihasilkan oleh sel beta pankreas yang fungsinya adalah untuk menyerap gula dalam darah sehingga kadar gula dalam darah tetap normal. Namun pada orang yang mempunyai berat badan berlebih sel beta pankreas tersebutmenjadi bekerja lebih kerasuntuk memproduksi insulin yang menyebabkan kelelahan hingga akhirnya tak mampu lagi memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, hal inilah yang disebut dengan resistensi insulin. Yang akhirnya menyebabkan gula darah meningkat dan terjadilah diabetes melitus.

4.  Kepikunan

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari Amerika mengatakan bahwa orang dengan berat badan berlebih memiliki resiko hingga 80% terkena penyakit Alzheimer atau kepikunan. Yang mana dari hasil studi tersebut 10 studi internasional yang melibatkan lebih dari 37.000 orang di 5 negara dan menemukan bahwa kelebihan berat badan meningkatkan resiko tersebut karena terjadinya penurunan suplai darah ke otak.

5. Sleep Apnea

Sleep Apnea yaitu suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan berhentinya nafas ketika tidur hingga beberapa detik. Yang dapat menghambat aliran oksigen ke otak. Orang dengan berat badan berlebih, yang mempunyai leher yang semakin besar. Lebih sering terkena sleep apnea

6. Batu Empedu

Penumpukan lemak di perut meningkatkan resiko batu empedu. Sebab lainnya yaitu karena orang dengan obesitas memproduksi kadar kolesterol yang tinggi. Akibatnya empedu tidak mampumembantu tubuh mencerna semua kolesterol, dan karena hal inilah batu empedu akan terbentuk.

7. Arthritis

Sebuah studi menunjukkan bahwa 1 dari 5 orang dewasa dari 50 juta penduduk Amerika telah didiagnosis arthritis, yang penyebabnya adalah kelebihan berat badan. Hal tersebut karena lutut menanggung beban yang terlalu berat.

8. Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa terjadi peningkatan resiko tejadinya kanker usus besar, prostat, kanker rahim dan yang lainnya pada orang yang memiliki berat badan berlebih.

Sekarang kita tahu betapa pentingnya mengontrol berat badan, bukan?

loading...

loading...