9 Butir Telur Sehari Untuk IQ Anak Yang Lebih Tinggi

tips pasutri

Telur adalah salah satu menu makanan murah meriah yang kerap dikonsumsi oleh orang Indonesia. Ada berbagai makanan olahan telur yang enak dikonsumsi dan tentu saja menyehatkan.

Baca juga: 3 Program Kehamilan Alami Yang Efektif

Selain menyehatkan, mengonsumsi telur ternyata bermanfaat untuk meningkatan IQ anak, terutama bila telur dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Demikian kurang lebih kesimpulan dari sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology.

Telur kaya dengan choline, zat penting yang bermanfaat saat pembentukan otak pada janin di dalam kandungan. Konsumsi choline dalam jumlah besar saat proses pembentukan otak di dalam kandungan dapat meningkatkan kemampuan otak janin dalam hal mengingat dan memproses informasi.

Sayangnya untuk meningkatkan kemampuan otak seperti yang disimpulkan dalam studi ini, seorang ibu hamil harus mengonsumsi telur sebanyak sembilan butir sehari. Tentu saja hal ini ada dampak negatifnya yakni ibu hamil berisiko mengalami kenaikan kadar kolesterol dengan berbagai macam konsekuensinya.

Selama ini anjuran konsumsi telur sehari adalah 480 mg, artinya konsumsi telur yang diminta oleh studi ini adalah dua kali lipat dari anjuran tersebut. Oleh sebab itu, peneliti memberi catatan penting dalam studi ini yakni mengonsumsi telur dalam besar harus tetap memperhatikan kadar koleseterol dalam darah.

Selain telur, choline juga terdapat pada daging merah, ikan, unggas dan kacang kacangan. Pada telur sendiri, kandungan choline-nya adalah sekitar 115mg.

Bagaimana dengan konsumsi telur pada bayi?

Tidak hanya saat dalam kandungan, bayi yang mengonsumsi sebutir telur setiap hari selama enam bulan, dapat meningkatkan tumbuh kembang otaknya. Peningkatkan tumbuh kembang ini terjadi karena adanya peningkatan kadar choline dan DHA pada otak bayi.

Seperti halnya susu dan biji bijian, telur penting dikonsumsi manusia pada masa masa awal kehidupan untuk tumbuh kembang yang lebih baik. Telur kaya dengan asam lemak, protein, choline, Vitamin A dan B12, selenium dan berbagai zat gizi lainnya. Kandungan zat gizi ini pada telur bahkan lebih besar bila dibandingkan dengan makanan yang berasal dari hewan lainnya.

Untuk mencegah infeksi salmonella, sebelum dikonsumsi, telur sebaiknya dimasak dengan baik. Khususnya bila telur dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil.

Studi di atas dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Cornell. Mereka menganalisa data dari 26 orang ibu hamil yang datang kontrol pada kehamilan trimester ketiga.

Setengah dari partisipan studi ini diminta mengonsumsi 480 mg choline setiap hari sampai dengan masa persalinan, sedangkan sisanya diminta untuk mengonsumsi 930 mg choline.

Bayi yang dilahirkan kemudian dilakukan asesment kecepatan dalam memproses informasi dan daya ingat saat mereka berusia 4, 7, 10 dan 13 bulan.

Baca juga: Makanan dan Kehamilan

Hasilnya, bayi yang dilahirkan oleh ibu yang mengonsumsi 930 mg choline setiap hari, memiliki kecepatan memproses informasi yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang hanya mengonsumsi 480 mg choline setiap hari.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

Satu tanggapan untuk “9 Butir Telur Sehari Untuk IQ Anak Yang Lebih Tinggi

Komentar ditutup.