Ragam Tips Efektif Mencegah Mabuk Darat Saat Naik Kereta

tips pasutri

Apakah Anda sering melakukan perjalanan jauh dengan kereta?

Tiket kereta online kini sangat mudah dipesan dan harganya pun terjangkau pada momen-momen tertentu. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang enggan menempuh perjalanan jauh dengan kereta karena alasan mabuk. Hal ini tak mengherankan sebab rasa mabuk darat selama berada di perjalanan pasti membuat Anda merasa tidak nyaman.

Namun Anda tak perlu resah dulu. Karena Anda bisa mencoba beberapa tips efektif mencegah mabuk darat berikut ini:

Memilih Letak Kursi yang Tepat

Jika biasanya Anda sering mabuk saat naik kereta, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih kursi yang tepat. Pilihlah kursi yang berada di dekat jendela dan menghadap ke depan (searah dengan arah perjalanan). Pemandangan terbuka di jendela bisa meminimalkan rasa mabuk. Selain itu, letak tempat duduk yang searah dengan pergerakan kereta juga membantu Anda lebih cepat beradaptasi dengan kondisi di dalam kereta.

Jangan Mengonsumsi Banyak Makanan Sebelum Berangkat

Sensasi rasa mual selama berada di kereta bisa semakin parah bila Anda mengonsumsi banyak makanan sebelum berangkat. Anda pun bisa mengalami muntah akibat perut yang terlalu penuh. Sebaiknya Anda mengonsumsi sedikit makanan untuk mengganjal perut. Karena nanti Anda bisa menikmati makanan lainnya saat sudah berada di dalam kereta.

Letakkan Kepala pada Sandaran Tempat Duduk

Jangan terlalu banyak menggerakkan kepala untuk meminimalkan rasa mabuk. Anda bisa menyandarkan kepala pada sandaran tempat duduk. Maka posisi tubuh Anda yang tegak akan membuat Anda merasa nyaman dan tak mudah mengalami mabuk.

Hindari Makanan Pedas dan Asam

Mengonsumsi makanan yang rasanya pedas dan asam dapat meningkatkan jumlah produksi asam lambung. Akibatnya, risiko mabuk jadi lebih besar selama Anda menempuh perjalanan dengan kereta. Untuk meminimalkan hal tersebut, alangkah lebih baik jika Anda menghindari makanan pedas dan asam untuk sementara waktu. Sistem pencernaan Anda pun akan bekerja dengan baik dan tak membuat Anda mudah mual.

Selalu Menyiapkan Minyak Angin

Jangan menganggap remeh persiapan minyak angin selama berada di kereta. Karena minyak angin sangat bermanfaat untuk membantu Anda menetralkan bau tak sedap. Bau tak sedap dalam kereta tertutup memang mudah memicu rasa mabuk. Jadi, oleskan minyak angin pada hidung untuk menetralkan bau tersebut. Anda juga bisa mengoleskan minyak angin pada perut bila mulai mengalami mual.

Mengonsumsi Minuman Hangat

Tak ada salahnya jika Anda membawa termos kecil berisi minuman panas bila ingin naik kereta. Menikmati minuman hangat ternyata ampuh mengusir rasa mabuk yang mengganggu. Anda bisa memilih teh hangat yang mampu membuat Anda merasa lebih rileks. Jika tak sempat membawa termos air panas, Anda bisa memesan minuman hangat di gerbong restoran kereta. Jangan memesan kopi karena minum kopi malah membuat Anda sulit tidur selama perjalanan berlangsung.

Tidur Selama di Perjalanan

Cara praktis yang satu ini juga paling ampuh untuk mencegah mabuk darat. Ketika Anda tidur, tubuh akan beristirahat dan lebih mudah beradaptasi dengan kondisi kereta. Anda juga bisa menghemat energi selama berada di perjalanan yang panjang. Ketika tiba di tempat tujuan nanti, Anda akan merasa lebih segar dan bersemangat.

Nanti Anda pasti tak kapok lagi akibat rasa mabuk perjalanan yang mengganggu. Mabuk darat tak akan lagi jadi halangan bagi Anda untuk menempuh perjalanan jauh dengan kereta api. Mari mempersiapkan kondisi fisik yang prima menjelang keberangkatan nanti.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.