Kelebihan Menabung Bagi Anak – Anak

tips pasutri

tips pasutri

Saat SD anak – anak dibiasakan untuk menanbung. Mereka di beri buku tabungan dan setiap hari dianjurkan untuk menabung ke gurunya memakai buku tabungan seperti di Bank. Sebagian anak yang menabung berasal dari uang jajan yang disisihkan oleh mereka. Meskipun tidak banyak, tetapi hal itu menjadi pembelajaran dan pembiasaan anak – anak untuk menabung. Banyak orang yang menganggap lebih mudah melakukan pembiasaan – pembiasaan kepada hal yang positif dilakukan sejak anak – anak dibandingkan memulai pembiasaan hal positif saat sudah dewasa, termasuk menabung. Banyak kelebihan – kelebihan yang diperoleh seorang anak yang biasa menabung sejak dini, diantaranya:

1. Belajar Membuat Perencaan Keuangan

Banyak anak – anak yang memiliki keinginan membeli berbagai keinginan. Orang tua bisa saja dengan mudah membelikan mainan tersebut. Tetpi jika orang tua yang mengajarkan anaknya menabung terlebih dahulu untuk memperoleh mainan yang mereka inginkan, maka anak akan belajar membuat perencanaan keuangan dari orang tua berikan. Mereka akan merencanakan uang untuk jajan dan untuk menabung dengn menggunakan tabungan di bank atau sekolah.

2. Belajar Disiplin

Sikap disiplin sangat dibutuhkan seseorang dalam menjalani kehidupannya. Sikap disiplin pun tidak bisa secara spontan ditanakan kepad seseorang. Oleh karena itu sikap disiplin harus mulai diterapkan dari masih anak – anak. Ketika seorang anak menabung maka kita sebagai orang tua telah memulai mengajarkan anak disiplin. Artinya orang tua mengajarkan anaknya untuk disiplin kepa anak untuk menyisihkan uang jajan tiap harinya untuk menabung. Banyak anak yang tidak mau menggunakan uangnya untuk menabung. Tetapi jika orang tua memberikan pemahaman manfaat menabung dan menyadaran yang terus – menerus akan tertanam sikap disiplin menabung.

3. Belajar Mengatur Uang

Seorang anak yang memulai untuk menabung di sekolahnya akan mengajarkannya mengatur uang sendiri. Mereka akan berusaha menentukan jumlah uang yang di tabungya dan berusaha mengatur uang untuk jajan. Hal tersebut sangat baik untuk pengelolaan keuangan seseorang di masa yang akan datang.

4. Belajar Menghargai Uang

Dengan menabung anak akan merasakan susahnya dan lamanya mengumpulkan uang. Sehingga menyadarkan anak untuk tidak menyia – nyiakan uang yang telah dikumpulkan, serta mereka akan berfikir untuk menggunakan uang saku yang mereka peroleh dari orang tua dengan sebaik – baiknya.

fiforlif kolesterol

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...
loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.