Mikrosporidiosis

tips pasutri

tips pasutri

Mikrosporidiosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit mikrosporidia. Parasit kecil ini sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah kesehatan pada orang yang sehat, namun pada orang orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemak, mikrosporidia dapat menyebabkan penyakit yang serius.

Mikrosporidiosis dapat menyebabkan masalah serius pada sistem pencernaan seperti diare kronis. Parasit mikrosporidia juga bisa menimbulkan masalah pada ginjal sehingga menyebabkan sakit ginjal dan bila menginfeksi mata maka akan menyebabkan penyakit keratitis mikrosporidia. Infeksi parasit mikrosporidia juga bisa terjadi pada sinus.

Gejala mikrosporidiosis sendiri sangat tergantung dari organ tubuh yang terinfeksi. Bila yang terinfeksi adalah sistem pencernaan maka gejala yang dominan adalah gejala pada sistem pencernaan, demikian pula bila infeksi terjadi pada mata, ginjal dan lain lain.

Spora dari parasit mikrosporidia terdapat pada kotoran, percikan nafas dan urine dari binatang (serangga, burung dan mamalia) dan manusia yang telah terinfeksi. Sedangkan proses parasit ini sampai menginfeksi manusia masih belum jelas, namun diduga akibat dari menelan atau menghirup spora mikrosporidia.

Penyakit ini bisa disembuhkan dengan penanganan yang cepat dan tepat.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.