Khusus Dewasa! Ini Manfaat Bila Rutin Bercinta

tips pasutri

Bagi kamu yang sudah menikah, rutin bercinta dengan pasangan ternyata bermanfaat bagi fungsi otak. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journals of Gerontology, semakin sering seseorang bercinta maka akan semakin baik fungsi otaknya saat menginjak usia lanjut.

Baca juga: Ini Dia Jenis Jenis Orientasi Seksual

Para peneliti menemukan, mereka yang sering melakukan hubungan seksual memiliki skor yang lebih baik saat dilakukan tes fungsi verbal dan tes kemampuan untuk membedakan obyek serta jarak di antara beberapa obyek.

Studi yang melibatkan 73 partisipan yang berusia antara 50 sampai 83 tahun ini dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Conventry dan Oxford.

Para partisipan diminta mengisi kuisioner yang berisi pertanyaan tentang frekuensi mereka berhubungan seksual dalam 12 bulan terakhir serta pertanyaan tentang kondisi kesehatan secara umum termasuk gaya hidup yang mereka lakukan sehari hari.

Sebanyak 28 pria dan 45 wanita yang berpartisipasi dalam studi ini, selanjutnya dilakukan tes standarisasi untuk membedakan pola fungsi otak pada orang usia lanjut termasuk diantaranya, fokus dan perhatian, daya ingat, kemampuan bahasa dan kemampuan melihat obyek visual.

Untuk tes kemampuan verbal, para partisipan diminta untuk menyebutkan nama hewan sebanyak mungkin dalam waktu 60 detik selanjutnya diminta menyebutkan kata kata berawalan F sebanyak mungkin.

Hasilnya, frekuensi hubungan seksual tidak berhubungan dengan perhatian, daya ingat atau bahasa. Perbedaan baru tampak saat para partisipan ini melakukan tes kemampuan verbal dan membedakan obyek. Mereka yang rutin bercinta memiliki skor yang lebih baik dalam tes ini.

Baca juga: 10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Vitalitas Seksual

Mungkin selama ini kita menganggap semakin tua usia maka frekuensi bercinta akan semakin berkurang dan kenyataannya memang seperti itu. Namun setelah membaca studi ini, ada baiknya frekuensi bercinta ditingkatkan lagi saat usia makin meningkat guna mempertahankan kemampuan otak agar tetap cemerlang.

loading...

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.