Neuroblastoma

tips pasutri

tips pasutri

Neuroblastoma adalah jenis kanker yang terbentuk pada kelenjar adrenal atau sistem saraf yang berhubungan dengan kelenjar adrenal. Neuroblastoma merupakan jenis kanker yang kerap terjadi pada masa kanak kanak dan termasuk salah satu jenis kanker yang mematikan pada anak anak.

Neuroblastoma umumnya berbentuk solid dan terletak pada sisi luar otak bayi dan anak anak. Neuroblastoma sebenarnya sudah ada sejak bayi dilahirkan, namun baru terdeteksi setelah beberapa bulan.

Baca juga: Mengenal Secara Singkat Tentang Tumor Otak Pada Anak

Gejala utama dari neuroblastoma terjadi akibat adanya penekanan organ sekitar oleh massa tumor atau nyeri tulang akibat adanya metastase. Bila tumor menyebar ke jaringan di bagian belakang mata maka gejala yang muncul adalah bola mata yang menonjol dan adanya lingkar kehitaman pada mata. Neuroblastoma juga bisa menekan sistem saraf tulang belakang sehingga menimbulkan gejala kelumpuhan.

Sekitar 70% pasien yang didiagnosa pertama kali dengan neuroblastoma telah mengalami mestastase atau penyebaran sel sel kanker.

Pilihan pengobatan untuk neuroblastoma meliputi operasi pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi dan transplantasi stem cell. Pilihan pengobatan ini tergantung dari stadium kanker saat pasien didiagnosa. Dengan pengobatan yang tepat pada stadium dini, neuroblastoma bisa disembuhkan.

Baca juga: Leukemia Si Kanker Darah

Skrining neuroblastoma pada bayi tidak dilakukan secara rutin karena tidak menurunkan angka kesakitan atau angka kematian.

fiforlif kolesterol

loading...

loading...

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.