Skleroderma

Skleroderma adalah penyakit jaringan ikat yang menyebabkan terbentuknya jaringan parut (fibrosis) pada kulit dan terkadang pada organ tubuh yang lain. Dari bentuknya, skleroderma dibagi menjadi dua jenis yakni skleroderma difus dan skleroderma lokal.

Pada skleroderma difus, organ yang diserang adalah organ bagian luar dan bagian dalam tubuh seperti seluruh bagian kulit, usus, dan paru paru. Sedangkan pada skleroderma lokal, yang diserang adalah bagian bagian tertentu dari tubuh manusia misalnya yang paling sering diserang adalah kulit.

Sindrom CREST adalah bentuk skleroderma lokal yang paling sering ditemukan dalam praktek sehari hari. CREST sendiri merupakan singkatan dari:

  • Calcinosis (terbentuknya timbunan kecil kalsium pada kulit)
  • Raynaud phenomenon (spasme atau kakunya pembuluh arteri kecil yang menyuplai darah ke jari jari tangan, kaki, hidung, lidah dan telinga).
  • Esophagus (gangguan pada kerongkongan karena naiknya asam lambung).
  • Sclerodactyly (menebal dan kakunya kulit pada jari tangan dan kaki).
  • Telangiectasias (melebarnya pembuluh kapiler sehingga membentuk area kemerahan pada wajah, tangan, mulut di belakang lidah).

Sampai saat ini penyebab pasti skleroderma masih belum diketahui, namun diduga ada peranan genetik dalam terbentuknya skleroderma. Sistem kekebalan tubuh mengambil peranan utama dalam proses terjadinya skleroderma.

Baca juga: Cara Mudah Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Pengobatan skleroderma tergantung dari organ tubuh yang menjadi sasaran penyakit. Penyakit ini lebih sering diderita oleh perempuan bila dibandingkan dengan laki laki.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...