Pada Pasien Tertentu, Vaksin Dengue Dapat Memperparah Kondisi Sakit

Sanofi, sebagai perusahaan farmasi yang memproduksi vaksin dengue menyatakan bahwa vaksin dengue yang mereka produksi sebaiknya diberikan hanya pada orang yang pernah terinfeksi virus dengue. Pernyataan ini muncul berdasarkan pada data jangka panjang yang selama ini dikumpulkan.

Setelah dilakukan analisa data yang dikumpulkan selama enam tahun, para ahli menyimpulkan bahwa vaksin dengue hanya akan efektif melindungi seseorang yang telah terinfeksi virus dengue sebelumnya. Efektifitas ini berkurang pada orang yang belum pernah terinfeksi virus dengue.

Menurut Sanofi, “Setelah dilakukan analisa data jangka panjang, bila orang yang sebelumnya tidak pernah terinfeksi virus dengue diberikan vaksin dengue maka mereka berisiko mengalami gejala penyakit yang lebih parah. Temuan ini merupakan bagian dari kompleksitas dari infeksi virus dengue.”

Baca juga: Ini Dia Vaksin Demam Berdarah Di Indonesia

Orang yang terinfeksi virus dengue lebih dari sekali sangat berisiko menderita demam berdarah. Sebagaimana diketahui, demam dengue yang ditularkan melalui perantara nyamuk, kerap terjadi di daerah tropis dan sub-tropis. Gejala penyakitnya sendiri sangat mirip dengan flu yakni berupa demam, nyeri sendi, mual, muntah dan ruam pada kulit. Pada kasus yang berat, infeksi virus dengue dapat menyebabkan gangguan pernafasan, perdarahan dan kegagalan organ.

WHO mencatat, setengah dari penduduk dunia berisiko terinfeksi virus dengue dan diperkirakan setiap tahun sekitar 96 juta orang menderita sakit akibat virus dengue di seluruh dunia.

Berdasarkan temuan terbaru ini, Sanofi berencana memperbaharui informasi yang terdapat dalam kemasan vaksinnya. Mereka juga menyarankan agar dokter menanyakan dengan baik riwayat penyakit dengue yang dialami pasien sebelum memutuskan untuk melakukan vaksinasi.

Baca juga: Demam Berdarah Dengue

Vaksin dengue tidak dianjurkan untuk orang yang belum pernah terinfeksi virus dengue dan vaksin dengue hanya diberikan pada mereka yang telah berusia diatas 9 tahun di negara negara yang endemis demam dengue.

Sampai saat ini pengobatan spesifik untuk demam dengue belum ada dan tidak ada vaksin dengue lain yang terdaftar di pasaran selain vaksin yang diproduksi oleh Sanofi.

tips pasutri

Terima kasih telah membaca tulisan diatas. Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan klik tombol di bawah ini:

loading...

dokterMade

Seorang dokter yang kebetulan suka ngeblog dan berteman.

loading...